Sukses

Kemenkeu Buka Suara soal Soleh Solihun Ditagih Pajak YouTube

Soleh Solihun

Liputan6.com, Jakarta Komika Soleh Solihun meluapkan keluh kesah di akun media sosialnya, terkait tuntutan pajak atas akun  YouTube-nya. Di berargumen sudah lama tidak mendapatkan penghasilan dari akun YouTube-nya.

"Saya dapet duit dari youtube cuma 2 bulan di 2018," cuit Soleh Solihun di akun X (Twitter) pribadinya.

Keluh kesah Soleh Solihun pun mendapat respons Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu melalui staf khusus Menkeu Sri Mulyani, Yustinus Prastowo. Melalui akun pribadi di platform X, Yustinus menyebut akan mengundang Soleh untuk membicarakan masalah itu.

"Teman-teman di KPP akan mengundang bang Soleh Solihun untuk dapat melihat sendiri informasi atau data yang dimiliki Ditjen Pajak, di luar data yang anda sampaikan. Tentu informasi dari berbagai pihak ini perlu diklarifikasi terlebih dahulu ke wajib pajak," terang Yustinus.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi

Nantinya, lanjut Yustinus, Ditjen Pajak akan mengklarifikasi data-data yang dimiliki, dengan data-data yang disampaikan Soleh Solihun. Ia mengatakan, Ditjen Pajak anak menyelesaikan masalah ini secara objektif dan transparan.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Prinsipnya, Ditjen Pajak akan melakukan tindak lanjut secara fair, objektif dan transparan," kata Yustinus Prastowo.

 

 

3 dari 4 halaman

 Menyurati

Menindaklanjuti cuitan Yustinus, hari ini, Senin 16 Oktober 2023, Soleh Solihun menyurati pihak DJP untuk membahas masalah pajak AdSense YouTube tersebut. Ia juga memastikan masalah ini sudah selesai.

"Alhamdulillah, urusan AdSense YouTube sudah beres. Tim manajemen saya sudah kasih surat tanggapan ke kantor pajak dan data-data bahwa saya tidak dapat duit dari kanal YouTube saya, sudah diterima mereka," jelas Soleh Solihun melalui platform X.

 

4 dari 4 halaman

Minta Maaf

Di kesempatan sama, Soleh Solihun meminta maaf kepada DJP atas kesalahpahaman yang terjadi, hingga menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Ternyata, orang pajak yang menanyakan soal penghasilan YouTube saya kemarin, berbeda dengan AR (account representative) yang sebelumnya sudah pernah bertanya pada manajemen saya perihal YouTube saya. Padahal sama AR yang sebelumnya, sudah beres persoalannya," kata Soleh.

"Ini sekalian mengoreksi tweet saya sebelumnya. Ternyata saya baru 2 kali memberi bukti, alias mengurusi pertanyaan soal AdSense YouTube ini. Manajemen saya bilang 3 kali, karena itu dengan talent lainnya. Maafkan atas kesalahan tweet saya sebelumnya," pungkas Soleh Solihun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Soleh Solihun

  • YouTube

Video Terkini