Sukses

Dianggap Menghina Teks Proklamasi dalam Promo Film Terbaru, Syakir Daulay: Kuatkanlah Hambamu Ini Ya Allah

Alih-alih mengulangi teks Proklamasi yang sangat dihormati oleh bangsa Indonesia, Syakir Daulay mengucapkan kata-kata yang mengejutkan banyak pihak.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kontroversi muncul di media sosial setelah Syakir Daulay, seorang aktor ternama Indonesia, dianggap menyinggung teks Proklamasi yang sangat bersejarah. Melalui akun Instagram terverifikasinya, Syakir mengunggah video yang menampilkan adegan mirip saat Presiden Soekarno membacakan naskah Proklamasi.

Dalam video tersebut, Syakir Daulay tampak mengenakan peci hitam sambil memegang selembar kertas dan berbicara di depan mikrofon. Latar belakang video tersebut menampilkan foto hitam putih suasana pembacaan teks Proklamasi.

Video ini ternyata merupakan bagian dari promosi untuk film terbarunya berjudul Imam Tanpa Makmum. Namun, apa yang membuat kontroversi adalah narasi yang keluar dari mulut Syakir saat membacakan kertas yang dipegangnya.

Alih-alih mengulangi teks Proklamasi yang sangat dihormati oleh bangsa Indonesia, Syakir mengucapkan kata-kata yang mengejutkan banyak pihak.

“Kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, keprihatinan kami terhadap perfilman Indonesia," ujar Syakir, membacakan kertas yang dipegangnya dalam video tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Somasi dan Laporan

Unggahan ini segera mendapat perhatian dari netizen yang merasa sangat tersinggung dan kecewa dengan pernyataan Syakir Daulay yang dianggap merendahkan makna teks Proklamasi. Banyak yang menilai bahwa teks bersejarah ini seharusnya tidak digunakan untuk tujuan hiburan atau konten promosi.

Diketahui bahwa beberapa pihak sudah melayangkan somasi kepada Syakir Daulay. Di antaranya adalah Jaringan Alumni Mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) bersama Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam, dan para Pengagum Ajaran Bung Karno. Terbaru, dikabarkan bahwa beberapa pihak lain juga telah melaporkan Syakir Daulay ke Polda Metro Jaya. 

 

3 dari 4 halaman

Ada Saja Ujiannya

Mendapati reaksi keras dari masyarakat, Syakir Daulay merespons dalam keterangan unggahan terbarunya. Ia tak menyangka bahwa hal ini memicu masalah.

“Ya Allah adaaaa aja 🤦‍♂️ Perjuangan.. perjuangan.. ada aja ujiannya,” tulisnya pada Kamis (31/8/2023).

 

4 dari 4 halaman

Kuatkanlah

Menutup unggahannya, ia memohon agar dirinya diberikan kekuatan dalam menghadapi masalah ini.

“Ya Allah kuatkanlah, hambamu ini ya Allah 🥲🤲🏻,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini