Sukses

Reaksi Gibran Rakabuming Raka Saat Budiman Sudjatmiko Dipecat PDIP Akibat Nekat Dukung Prabowo

Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pernyataan sikap setelah Budiman Sudjatmiko dipecat PDIP karena nekat dukung capres partai Gerindra, Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akhirnya menyampaikan pernyataan sikap setelah politisi Budiman Sudjatmiko dipecat DPP PDIP gara-gara aksinya nekat mendukung capres partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kabar pemecatan Budiman Sudjatmiko dibenarkan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun di Jakarta, Kamis (24/8/2023) malam. Keesokan harinya, Gibran dicecar pertanyaan jurnalis.

Pasalnya, Selasa (22/8/2023), ia dan Budiman Sudjatmiko tampil dalam program Kopdarnas PSI di Senayan, Jakarta. Kala itu, Gibran Rakabuming Raka menyelamati Budiman Sudjatmiko karena tidak jadi dipecat PDIP.

Kini kenyataan berkata lain. Gerindra yang mengusung Prabowo sebagai Capres 2024 kabarnya siap menerima Budiman Sudjatmiko setelah dipecat PDIP. Lantas, apa komentar putra sulung Jokowi terkait insiden ini?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Siapa-siapa di Partai

“Ya (soal pemecatan Budiman) itu tanya ke pusat,” kata Gibran Rakabuming Raka kepada jurnalis, dilansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Jumat (25/8/2023).

“Urusan pemecatan kok tanya ke saya kenapa, sih? Saya kan bukan (bagian dari) struktur, bukan siapa-siapa di partai,” bintang film Sesuai Aplikasi menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pas Acara PSI, Belum Dipecat

Saat menyelamati Budiman Sudjatmiko tidfak jadi dipecat, Gibran Rakabuming Raka tak bermaksud meledek atau menyindir. Mengingat, hari itu belum ada kepastian soal nasib Budiman Sudjatmiko setelah terang-terangan menyatakan mendukung Prabowo.

Padahal, sudah jelas PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. “Pas acaranya PSI kan beliau memang belum dipecat. (Saya) enggak ada maksud apa-apa. Namanya juga talk show, isinya kan bercanda. (Mas Budiman) juga mengajak bercanda duluan,” urainya.

 

4 dari 4 halaman

Konteksnya Bercanda

Gibran Rakabuming Raka tampak hati-hati mengomentari pemecatan Budiman Sudjatmiko dari PDIP mengingat ini isu sensitif. Apalagi, suhu politik jelang Pemilu 2024 makin panas.

“(Saya menyelamati Mas Budiman di acara Kopdarnas PSI tempo hari itu) konteksnya bercanda. Keputusan dipecat atau tidak dipecat kan bukan di saya juga,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.