Sukses

Viral Kasus Bayi Tertukar di Bogor, 6 Sinetron Jadul Ini Angkat Tema Anak Ditukar: Antar Nikita Willy Menang Award

Sebelum viral kasus bayi tertukar di sebuah RS Bogor, tema soal anak yang ditukar sudah sering diangkat sinetron Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekan terakhir, berita bayi tertukar di Bogor menjadi isu nasional. Seorang wanita bernama Siti Mauliah, yakin bahwa anaknya yang lahir di RS Sentosa Bogor telah tertukar dengan bayi orang lain. Siti bahkan sudah melakukan tes DNA, dan hasilnya membuktikan anak yang selama ini ia rawat bukan darah dagingnya.

Kabar ini kemudian viral karena Siti melaporkan perkara ini ke Polres Bogor setelah sekitar setahun. Salah satu alasan, pihak orangtua yang diduga menerima bayi Siti menolak melakukan tes DNA. Senin (21/08/2023), pihak D selaku ibu dari bayi yang satunya akhirnya mau tes DNA.

Tak sedikit netizen bahkan media yang menyebut permasalahan ini layaknya cerita sinetron. Tak bisa dimungkiri, sudah begitu banyak sinetron yang mengangkat tema anak tertukar. Tema ini pernah menjadi tren di industri TV Indonesia. Tak sedikit yang meraih rating tinggi, bahkan mengantar pemerannya dapat penghargaan bergengsi.

Pada 2010, sinetron Putri yang Ditukar memuncaki rating selama berbulan-bulan dan mengantar Nikita Willy meraih penghargaan Panasonic Gobel Awards. Berikut 6 sinetron jadul tentang anak ditukar yang populer pada masanya, dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/08/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Putri yang Ditukar (2010)

Seperti judulnya, Putri yang Ditukar mengisahkan dua anak gadis yang dengan sengaja ditukar sejak bayi. Amira (Nikita Willy) hidup dalam kemiskinan sebenarnya putri orang kaya, lantaran waktu kecil ditukar dengan Zahira (Yasmine Wildbloods) yang hidup bergelimang harta.

Tak cuma meraih rating tinggi, sinetron ini juga meraih beberapa penghargaan. Nikita Willy diganjar piala Aktris Terfavorit Panasonic Gobel Awards 2011 dan 2012 berkat sinetron ini.

3 dari 7 halaman

2. Jangan Pisahkan Aku (2005)

Insiden di rumah sakit membuat Neza (Fera Feriska) dan Mila (Carissa Puteri) tertukar sejak baru lahir. Ketika kanak-kanak, Neza mengalami kecelakaan hingga ketahuan golongan darahnya tak cocok dengan orangtua dan kakaknya, Farel (Fathir Muchtar).

Neza dan Mila lantas bertukar tempat, kemudian orangtua Farel memindahkan keluarganya ke luar negeri. Setelah dewasa, Neza bertemu Farel. Dulu hanya adik kakak, kini perasaan mereka berkembang jadi cinta layaknya pasangan kekasih.

Sinetron ini tayang di SCTV pada 2005. Dua pemeran utamanya, Fera Feriska dan Fathir Muchtar terjerat cinta lokasi lewat sinetron ini, kemudian menikah pada 2006. 

4 dari 7 halaman

3. Anakku Bukan Anakku (2005)

Gara-gara ingin putrinya hidup enak, Bayu dan Rona menukar darah dagingnya dengan putri pasangan tajir. Agar terus dapat berhubungan, keduanya bekerja jadi pembantu di rumah mewah pasangan tajir itu.

Tatia (Nabila Syakieb) pun tumbuh sebagai anak ART di rumah yang sebenarnya milik orangtua kandungnya. Adel (Raya Kohandi) yang sejatinya anak Bayu, jadi tuan putri.

Sinetron ini memiliki twist unik karena pada episode terakhir terungkap keduanya ternyata tak pernah tertukar. Seorang dokter muncul memberi tahu bahwa ia memergoki aksi Bayu, lalu mengembalikan bayi ke posisi masing-masing.

5 dari 7 halaman

4. Putri yang Terbuang (2006)

Risa (Leily Sagita) ingin jadi orang kaya, hingga rela menjadikan Yuna (Meriam Bellina) putrinya istri kedua pengusaha tajir. Sang pengusaha ngebet ingin punya anak laki-laki.

Ketika Yuna melahirkan bayi perempuan, Risa menukarnya dengan anak laki-laki seorang sopir. Setelah dewasa, kedua bayi yang ditukar itu bertemu dan saling jatuh cinta, diperankan Marshanda dan Rionaldo Stokhorst.

6 dari 7 halaman

5. Mawar Melati (2010)

Sinetron yang tayang di SCTV pada 2010 ini memasang Chelsea Olivia, Derby Romero dan Aryani Fitriana di jajaran pemeran utama. Hati Anna (Rheina Ipeh) hancur saat tahu ia dicampakkan dalam kondisi hamil oleh Adwin (Ari Wibowo), yang sudah beristrikan Renata (Feby Febiola).

Renata sendiri sedang berbadan dua. Melahirkan pada hari yang sama, Anna pun menukar bayinya dengan putri Renata agar bisa hidup nyaman.

7 dari 7 halaman

6. Saat Memberi Saat Menerima (1995)

Saat Memberi Saat Menerima boleh dibilang salah satu pelopor sinetron dengan tema anak ditukar. Dibintangi artis papan atas pada zamannya yang masih eksis sampai kini seperti Desy Ratnasari, Elma Theana, Onky Alexander, Jeremy Thomas, Yati Octavia, dan Krisdayanti.

Suster Yulia (Yati) hamil di luar nikah dengan dokter yang telah berkeluarga. Agar hidup anaknya terjamin, usai melahirkan Yulia menukar putrinya Tanti (Elma Theana) dengan Indah (Desy Ratnasari) yang berasal dari keluarga dokter itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini