Sukses

Nasib Justin Trudeau Persis Ayahnya, Pisah dengan Istri Saat Menduduki Jabatan Perdana Menteri Kanada

Hanya ada dua Perdana Menteri Kanada yang berpisah dengan sang istri saat menjabat, yakni Justin Trudeau dan ayahnya, Pierre Trudeau.

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bahwa ia berpisah dengan sang istri, Sophie Gregoire, menyentak publik. Apalagi karena pernikahan mereka sudah menginjak usia 18 tahun—dan kehidupan rumah tangga mereka terbilang adem ayem.

Ada sebuah fakta menarik dari perpisahan pasangan ini.  

Dilansir dari BBC, Kamis (3/8/2023), Justin Trudeau adalah Perdana Menteri Kanada kedua yang mengumumkan perceraian saat masih menjabat. PM pertama yang melakukannya adalah ayah Justin sendiri, mendiang Pierre Elliot Trudeau.

Trudeau senior dua kali menjabat sebagai PM Kanada, yakni pada periode 1968-1979 dan 1980-1984.

Dirangkum dari berbagai sumber Pierre Trudeau pernah diberitakan dekat dengan Barbra Streisand, sebelum menikahi Margaret Sinclair, ibunda Justin Trudeau. Ia akhirnya menikahi wanita yang 29 tahun lebih muda darinya ini pada 1971.

Pernikahan mereka dikaruniai tiga anak. Justin Trudeau si sulung lahir sembilan bulan setelah pernikahan orangtuanya, diikuti Alexandre pada 1973 dan Michel tahun 1974. Si bungsu meninggal dunia dalam kecelakaan ski pada 1998.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ayah Justin Trudeau Nikah dan Cerai Saat Menjabat Jadi PM Kanada

Pernikahan orangtua Justin Trudeau bubar pada 1977, dan keduanya resmi bercerai pada 1984. Dilansir dari CBS, Pierre Trudeau juga tercatat sebagai PM Kanada pertama yang menikah sekaligus bercerai saat sedang menjabat.

Justin Trudeau pernah membahas soal perceraian orangtuanya ini dalam otoiografinya yang bertajuk Common Ground. Menurutnya, ada banyak pemberitaan tak akurat soal perceraian dan hubungan orangtuanya.

3 dari 4 halaman

Justin Trudeau Tangkis Artikel Media

Justin Trudeau menangkis gambaran karikatural yang ditampilkan ke publik, seakan-akan ayahnya adalah seorang fanatik yang terikat tradisi sementara ibunya berjiwa bebas.

“Tak sesederhana itu, terutama dengan pasangan serumit orangtuaku. Aku terhibur sekaligus jengkel dengan bagaimana orang-orang melihat hubungan mereka dalam hitam putih - semua semangat, kemenangan, prestasi, dan tragedi – mereka melihatnya hanya sebagai pertemuan cacat antara pria yang dingin dan penyendiri dan wanita yang lebih muda dan penuh semangat. Hanya seperti itu, tapi juga lebih dari itu," tulisnya.

4 dari 4 halaman

Pengumuman Perceraian Justin Trudeau

Dalam pengumumannya perpisahannya, Justin Trudeau dan sang istri tak mengungkap alasan perceraian mereka. Namun keduanya berjanji menjaga hubungan, demi anak-anak mereka.

“Seperti yang selalu dilakukan, kami tetap akan menjadi keluarga dekat dengan cinta dan rasa hormat mendalam untuk satu sama lain, dan demi semua yang telah kami bangun bersama, dan akan terus kami bangun,” kata Justin.

Ditambahkan. “Demi kebaikan anak-anak kami, kami berharap kalian bisa menghormati privasi kami dan juga (anak-anak). Terima kasih.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.