Sukses

Ibunda Ria Ricis Sempat Berontak, Alami Stres Terlalu Lama Dirawat di ICU

Saat di Mekah, ibunda Ria Ricis dirawat selama 11 hari di ruang ICU sejak 5 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ibunda Ria Ricis yang bernama Yunifah Lismawati kembali masuk ICU di salah satu rumah sakit setibanya di Indonesia pada 20 Juli 2023. Seperti diketahui, dia sempat koma dan dirawat intensif di rumah sakit di Mekah usai menunaikan ibadah Haji.

Saat di Mekah, Yunifah Lismawati dirawat selama 11 hari di ruang ICU sejak 5 Juli 2023. Itu bukanlah waktu yang sebentar. Wanita paruh baya ini bahkan sempat mengalami stres saat kesadarannya kembali.

"Di ICU itu stres loh, ibu mengalami delirium ICU, ketika berhari-hari di ICU ketika sadar langsung brontak, mau pulang. Makanya tangannya diikat ketika dia di ICU," kata Oki Setiana Dewi dikutip dari YouTube Cumicumi, Sabtu (22/7/2023).

"Kata dokter ini delirium ICU, ketika orang sudah lama di ICU biasanya banyak yang stres, karena kan banyak alat, pengobatan ini itu tapi alhamdulillah sekarang sudah stabil. Ibu dalam keadaan tenang, dan kami harap mudah-mudahan beberapa hari ke depan bisa pulang," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Menyelesaikan Ibadah Haji

Meskipun jatuh sakit, atas izin Allah, Yunifah Lismawati mampu menjalani seluruh rangkaian ibadah hajinya. Oki Setiana Dewi pun teringat dengan nasihat anggota keluarganya.

"Ibadah haji sudah selesai alhamdulillah, ibu juga sudah menyelesaikan ibadah hajinya, makanya waktu itu para saudara bilang kalau ada apa-apa harus terima karena ibu senenarnya sudah ke Tanah Suci, sudah menyelesaikan haji dan dalam amalan saleh," paparnya.

3 dari 4 halaman

Harapan Agar Ibunya Segera Sembuh

Meski ikhlas dengan segala ketetapan Allah, namun Oki Setiana Dewi tentu berharap ibunya pulih dan kembali sehat seperti sedia kala. "Insyaallah menerima apa pun yang terjadi cuma di satu sisi ada harapan supaya ibu cepat sembuh," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Yunifah Lismawat kembali menjalani perawatan intensif di ruang ICU untuk dilakukan observasi.

4 dari 4 halaman

Masuk ICU untuk Observasi

"Kami pikir tadi ibu langsung masuk ruang rawat inap, namun ternhata setelah masuk UGD, ibu masih dipasang oksigen dan sekarang ibu sudah ada di ruang ICU. Dokter mau melakukan observasi lagi karena kemarin sudah ada gagal jantung, berhenti napas. Jadi perlu observasi terlebih dahulu,"jelasnya.

Oki Setiana Dewi berharap sang ibu segera diizinkan pulang oleh dokter.

"Mudah-mudahan beberapa hari ke depan bisa pulang dan saya katakan pada ibu, 'Ibu enggak boleh tinggal sendiri, harus sama anak-anaknya'," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini