Sukses

8 Artis Indonesia yang Ganti Nama, Terbaru Cita Citata Pilih Eksis Sebagai Cita Rahayu

Penyanyi Sakitnya Tuh Di Sini mengumumkan tak lagi memakai nama Cita Citata dan ingin dikenal dengan nama aslinya, Cita Rahayu.

Liputan6.com, Jakarta Berkat lagu "Sakitnya Tuh Di Sini", Cita Citata meraih ketenaran pada 2014. Wanita asal Bandung ini dikenal sebagai salah satu pedangdut papan atas seiring sukses lagu-lagu lainnya seperti "Goyang Dumang", "Aku Mah Apa Atuh" dan "Perawan atau Janda"

Sejak menikah dengan Didi Mahardhika pada 2022, perempuan 28 tahun ini jarang muncul di layar kaca. Ia juga mengubah penampilannya dengan memakai hijab. Terkini, bintang sinetron Diam-diam Suka membuat keputusan yang cukup mengejutkan yakni mengubah nama panggungnya.

Lewat unggahan Instagram pada Kamis (20/07/2023), Cita umumkan tak ingin lagi dipanggil Cita Citata. Mantan istri Galih Purnama ini ingin dikenal dengan nama aslinya, Cita Rahayu. “Sudah lama sebelum menikah aku ingin berterimakasih kepada Cita Citata walaupun iya itu aku sendiri. Dia cukup tegar di terpa badai yang kencang di hidupnya,” tulisnya pada caption.

Sekarang waktunya Cita Citata beristirahat damai dengan moment dan pengalaman proses dalam pendewasaan yang dialaminya,” ungkapnya. “Selamat datang kembali diriku yang dulu dan sebenarnya “CITA RAHAYU”,” tegasnya.

Selain Cita Citata, fenomena artis ganti nama juga pernah terjadi di Indonesia. Berikut daftarnya dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (21/07/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mulan Jameela

Mulan Jameela sempat beberapa kali ganti nama saat berkarier di industri hiburan Tanah Air. Laman Wikipedia Indonesia menyebut nama aslinya adalah Raden Wulansari. Pada era 1990-an, ia sempat menelurkan album solo dengan nama Wulan Ardina, namun kurang bergaung.

Pada 2005, Mulan bergabung dengan Duo Ratu. Maia Estianty selaku pendiri duo itu memberi nama panggung Mulan Kwok. Kemudian setelah Ratu bubar, Ahmad Dhani mengubah namanya jadi Mulan Jameela. Untuk alasan politik, ibu empat anak ini pun mengganti nama secara legal jadi Mulan Jameela.

3 dari 9 halaman

Annisa Trihapsari

Ketika berkarier pada era 1990-an, Annisa memakai nama Annisa Tribanowati. Menurutnya arti banowati berarti sepi, tak sesuai dengan pribadinya. Pada 2008, ia mengurus legalitas perubahan nama ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

4 dari 9 halaman

Abimana Aryasatya

Pada era 90-an, aktor Robertino dikenal bermain di sejumlah sinetron. Setelah lama vakum, tiba-tiba ia muncul dengan nama Abimana Aryasatya dan bermain di sederet film layar lebar sukses. Pada 2019, dalam sebuah wawancara Abimana mengaku belum mengurus perubahan namanya secara legal. Harus diakui, pria kelahiran 24 Oktober 1982 makin tenar usai memakai nama Abimana Aryasatya.

5 dari 9 halaman

Titi Radjo Padmaja

Terlahir dengan nama asli Titik Handayani, Titi meraih popularitas ketika menjadi juri kontes bakat era 2000-an. Karena kala itu ia masih berstatus istri Aksan Sjuman, ia memakai nama panggung Titi Sjuman.

Setelah cerai, ia mengganti nama panggungnya jadi Titi Radjo Bintang. Kemudian pada 2021, Titi mengganti nama lagi jadi Titi Radjo Padmaja, dengan alasan menghormati adat.

6 dari 9 halaman

Jordan

Eksis sebagai pesinetron era 2000-an, Teuku Zacky pada 2022 mengumumkan bahwa kini memakai nama Jordan. Lebih lengkapnya, ia kini ingin dikenal dengan nama Teuku Jordan Zacky Azwar. Dalam podcast Melaney Ricardo, Jordan menyebut keputusannya ganti nama setelah mengalami masalah kesehatan mental.

7 dari 9 halaman

Sophia Latjuba

Pada 2010 Sophia Latjuba mengumumkan ingin eksis sebagai Sophie Mueller. Mueller diketahui adalah nama belakang ibunya. Namun pada 2014, ibunda Eva Celia memutuskan untuk ganti nama lagi jadi Sophia Latjuba.

8 dari 9 halaman

Nia Ramadhani

Laris manis sebagai pesinetron era 2000-an, Nia Ramadhani memutuskan ubah nama pada 2010 jadi Ramadhania Ardiansyah Bakrie. Sejatinya Nia lahir dengan Priyanti Nur Ramadhani. Namun ia eksis dengan nama Nia Ramadhani. Meski telah mengurus legalitas ganti nama jadi Ramadhani Ardiansyah Bakrie, ia tetap lebih dikenal dengan nama Nia Ramadhani.

9 dari 9 halaman

Cita Citata

Setelah menikah dengan Didi Mahardhika dan mengurangi kegiatan di dunia hiburan, Cita mengubah penampilan dengan memakai hijab. Lewat Instagram pada Kamis (20/07/2023), pelantun “Jangan Ganggu Pacarku juga mengumumkan nama barunya, Cita Rahayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.