Sukses

Ibunda Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis Dirawat di ICU di Mekah Selama 11 Hari dan Sempat Alami Koma

Seiring bergantinya hari, kondisi kesehatan Yunifah Lismawati tak menunjukkan perkembangan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Oki Setiana Dewi sempat mengabarkan bahwa kondisi kesehatan ibunya, Yunifah Lismawati, menurun saat hendak menjalani ibadah wukuf di Arafah saat menunaikan ibadah haji beberapa waktu lalu. Wanita paruh baya itu sempat dilarikan ke rumah sakit.

Seiring bergantinya hari, kondisi kesehatan Yunifah Lismawati tak menunjukkan perkembangan yang baik hingga harus mendapat perawatan di ruang ICU di salah satu rumah sakit di Mekah. Ini merupakan masa tersulit.

"Sahabat, izin bercerita tentang keadaan Ibu saya. Sebelumnya terimakasih atas semua doa dan perhatian untuk Ibu. Tak terasa 11 hari sudah Ibu berada di ICU (sejak 5 Juli 2023). Hari-hari yang tak mudah bagi ibu dan kami dalam melaluinya." tulis Oki Setiana Dewi di Instagramnya, Sabtu (16/7/2023).

"Dokter mengatakan kasus Ibu sangat sulit karena sudah berhenti nafas 7 menit, beliau koma, ditambah tulang dada yg retak karena CPR," dia menyambung pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tindakan Trakeostomi

Karena tulang dada yang mengalami keretakan, pernapasan ibunda Ria Ricis itu pun jadi terganggu. Dokter berniat untuk melakukan tindakan trakeostomi.

"Tak ada cara lain untuk membantu ibu mudah bernafas selain dilakukan tindakan( trakeostomi) / pembolongan leher dan kemungkinan seterusnya akan memakai alat itu, kalau memang beliau bertahan," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Keluarga Harus Bersiap dengan Segala yang Terjadi

Bersama dengan itu, dokter menyampaikan bahwa pihak keluarga harus bersiap dengan segala kondisi yang akan terjadi pada ibunda tercinta.

"Karena mungkin Ibu akan lama berada di Makkah atau bersiap akan apapun yang terjadi. Mereka tak berani menjanjikan apa-apa selain, 'Kami sudah melakukan yang kami bisa, selanjutnya kamu di tanah Haram , perbanyak berdoa..'," papar Oki Setiana Dewi.

4 dari 4 halaman

Doa Oki di Kakbah Terkabul

Selama berhari-hari bintang Ketika Cinta Bertasbih ini menangis di depan Kakbah, berdoa sepenuh hati untuk kesembuhan ibunda. Dan doa itu terkabul, Tuhan menunjukkan kuasa-Nya pada Ibunda Oki.

"Kemarin tiba-tiba dokter melepas ventilator Ibu, tindakan trakeostomi tak jadi dilakukan. Seseorang meminta saya untuk melakukan sujud syukur atas kebaikkan Allah ini. Hari ini, ibu diizinkan pulang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini