Sukses

King The Land Jadi Kontroversi Gara-Gara Penggambaran Pangeran Arab, Tim Drakor Ngeles Sebut Cuma Fiksi

Dalam episode kontroversial drakor King the Land ini, diceritakan seorang pangeran Arab bernama Samir, yang diperankan oleh bintang Squid Game Anupam Tripathi, menginap di hotel.

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea King the Land menuai kontroversi di tengah penayangannya yang terus meraih rating tinggi. Hal ini berawal dari penayangan episode 7 dan 8, yang masing-masing ditayangkan pada 8 dan 9 Juli 2023.

Dalam episode tersebut, diceritakan seorang pangeran Arab bernama Samir—yang diperankan oleh bintang Squid Game Anupam Tripathi—menginap di Hotel King. Ia diceritakan adalah kawan lama Gu Won (Lee Junho) dan naksir Sarang (YoonA).

Hanya saja, pada awal kemunculannya di ini, ia digambarkan tengah nongkrong di kelab malam, minum alkohol sambil ditemani wanita. Ia juga digambarkan menggunakan penutup kepala dan pakaian khas pria jazirah Arab.

Tak sedikit penonton yang mengkritisi hal ini. Termasuk soal konsumsi alkohol yang dianggap bukan budaya Arab. Akun Instagram JTBC langsung digeruduk warganet gara-gara hal ini, dengan menyertakan tagar #KdramaOffendsTheArabs dan #JTBCAPOLOGIZE.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet: Jangan Ditampilkan Kalau Tak Paham!

Aku bukan orang Arab, dan walaupun aku sangat suka drama iniaku merasa janggal melihat adegan minum-minum. Orang Arab adalah muslim, dan alkohol adalah haram (dilarang) dalam Islam, kok kalian bisa bikin kesalahan besar tentang agama/budaya? Kuharap kalian meminta maaf kepada penonton Arab karena telah menyakiti perasaan mereka atau mungkin memberikan penjelasan,” kata theootdstyl****.

“Berhentilah memasukkan karakter Arab kalau kalian tidak memahami budayanya dengan benar!” @n.v*** bersuara.

Jangan bicarakan atau menampilkan budata kami seperti ini, enggak lucu dan sangat menyinggung. Kalau kalian enggak tahu soal budaya atau negaranya, jangan bicarakan itu. STOP,” kata @moO****.

3 dari 4 halaman

Tim Produksi Drakor King the Land: Hanya Fiksi Belaka

Protes ini kemudian dijawab oleh tim produksi drama. Mereka berkelit, bahwa tokoh dalam drakor ini fiksi belaka.

“Karakter, daerah, nama tempat, dan lainnya yang muncul dalam drama adalah setting fiktif, dan tidak ada niat untuk menyindir atau mendistorsi budaya tertentu,” begitu pernyataan mereka, dilansir dari Soompi.

4 dari 4 halaman

Menghormati Berbagai Budaya

Ditambahkan, “Tim produksi menghormati berbagai budaya dan akan lebih memperhatikan produksi sehingga tidak ada rasa ketidaknyamanan saat menonton.”

Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini