Sukses

Rina Mariyana Berbagi Kisah Inspiratif, Membangun Kelas Mentoring Bisnis Online yang Viral di TikTok

Rina Mariyana dikenal sebagai seleb Tiktok.

Liputan6.com, Jakarta Kisah Inspiratif Rina Mariyana, seorang pemilik kelas mentoring bisnis online yang lebih dikenal dengan sebutan RMC Business, sedang mendapatkan popularitas yang besar di TikTok berkat banyaknya kesaksian sukses dari peserta yang telah mengikuti bimbingan di kelasnya. Mereka berhasil menghasilkan keuntungan yang luar biasa, bahkan mencapai ratusan juta rupiah, hanya dengan menggunakan ponsel mereka.

Rina Mariyana adalah seorang ibu rumah tangga yang berkecimpung dalam dunia konten kreator dan berbagi tips serta trik sukses berbisnis online di TikTok. Dia juga merupakan pencetus dan pemilik kelas bisnis modern yang menyajikan materi yang mudah diikuti dan diaplikasikan.

Video yang dibagikan oleh kreator TikTok Rina.Mariyana ini menceritakan perjalanan hidupnya yang sukses sebagai seorang ibu rumah tangga dengan bisnis online-nya, yang mampu menghasilkan jutaan rupiah dan membeli mobil serta perhiasan emas dalam jumlah besar.

Kisah ini membuktikan bahwa status dan latar belakang tidak menghalangi kesempatan bagi wanita untuk sukses menjalankan bisnis online dari rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangun

Berbekal kepiawaiannya dalam menggunakan TikTok, Rina Mariyana berhasil membangun dan sukses dengan bisnisnya, dan telah membantu puluhan ribu ibu rumah tangga dalam menghasilkan uang dari rumah mereka sendiri.

Namun, di balik kesuksesannya, Rina telah menghadapi banyak kesulitan dan menghadapi setiap tantangan serta lika-liku kehidupan.

"Saya adalah seorang anak perempuan yang orang tuanya bercerai, sehingga saya harus dibesarkan oleh nenek. Saya harus bekerja keras untuk menyelesaikan pendidikan saya sendiri dan membantu nenek yang sudah tidak bisa bekerja untuk menghidupi keluarga," Rina Mariyana yang juga Owner RMC Business dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

3 dari 4 halaman

Semangat Membara

Dalam situasi seperti itu, Rina semakin membara semangatnya untuk meraih kesuksesan, bukannya putus asa. Ia rela bekerja serabutan untuk membantu menghidupi keluarganya, mulai dari menjadi penjaga toko handphone di sebuah counter HP dengan gaji seikhlasnya, hingga berjualan kosmetik dan pakaian secara online sejak era BBM (Blackberry Messenger).

Sadar bahwa mencapai cita-citanya tidaklah mudah, Tiktoker dengan akun @Rina.mariyana ini melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah sambil bekerja sebagai tenaga penjualan di perusahaan otomotif dan berjualan secara online.

Berkat kerja kerasnya dan etos kerja yang baik, ia berhasil meraih angka penjualan tertinggi yang melampaui target, sehingga ia memperoleh penghargaan sebagai penjual terbaik dengan performa terbaik tingkat nasional pada tahun 2012. Hadiah yang diperolehnya digunakan untuk biaya kuliahnya.

 

4 dari 4 halaman

Supervisor Termuda

Tak hanya itu, ia bahkan dipercaya menjadi supervisor termuda oleh perusahaan tempatnya bekerja. Namun, karena kesulitan membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan, saat dipercaya menjadi manajer dan harus pindah kota, ia terpaksa mengambil cuti kuliah.

"Pada saat itu, penjualan produk saya selalu mencapai angka tertinggi dan selalu melampaui target. Alhamdulillah, produk yang saya jual sangat diminati di BBM (Blackberry Messenger) dan Facebook, sehingga banyak orang yang penasaran ingin tahu ilmunya dan belajar bersama saya. Dari situlah saya ingin menyalurkan ilmu dan lebih fokus pada bidang bisnis online. Saya membuat grup kelas di LINE untuk berbagi ilmu yang saya dapatkan dari pengalaman saya kepada mereka. Sayangnya, tidak lama setelah itu, perusahaan tempat saya bekerja mengalami kebangkrutan. Saya melanjutkan kuliah sambil berjualan apa saja secara online melalui BBM, Facebook, dan LINE, yang saya geluti sejak tahun 2014," ujarnya.

Sebagai seorang mentor yang tidak pernah putus asa, Rina terus belajar dan mengembangkan diri. Untuk memperluas pengetahuannya tentang penjualan di e-commerce, ia sempat menjadi penjual produk kesehatan yang berhasil menjual ribuan pcs setiap harinya di Shopee. Ia juga belajar cara berjualan di Shopee dan mencapai pencapaian puluhan juta.

"Ketika keraguan muncul dan peluang emas datang, jangan takut untuk mencobanya. Mulailah sekarang, karena hanya dengan memulai, kita akan melihat hasilnya. Dengan kerja keras, belajar secara berkelanjutan, dan menerapkan ilmu dengan konsisten, hasil pasti akan mengikuti," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini