Sukses

Sony Music Entertainment Indonesia Merayakan 25 Tahun dengan Pembukaan Kantor Baru, Diramaikan Para Musisi Top Tanah Air

Upacara pembukaan resmi kantor baru Sony Music Entertainment Indonesia di CIBIS Park, Jakarta dimeriahkan penampilan artis-artis, dan mitra bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Sony Music Entertainment (SME) Indonesia mengumumkan pembukaan kantor baru di Jakarta Selatan sebagai bagian dari rencana ekspansinya di negara dengan populasi terpadat di Asia Tenggara. Langkah ini sejalan dengan perayaan 25 tahun SME beroperasi di Indonesia, yang menegaskan komitmen dan dukungan mereka terhadap artis Indonesia dan industri musik lokal.

Di kantor baru SME Indonesia di CIBIS Park, Jakarta, para artis akan diberikan label tempat mereka bernaung dan mendapatkan dukungan penuh untuk mengeksplorasi dan mencapai target kreatif mereka. Studio Sony Music bertaraf internasional yang baru dibuka akan menyediakan lingkungan lengkap dan kreatif untuk rekaman, mastering, penulisan, produksi lagu, dan video bagi artis lokal.

Kantor tersebut juga akan menjadi tempat kerja bagi karyawan Sony Music Entertainment Indonesia (SMEI) dan anak perusahaan Sony Music Publishing Indonesia, The Orchard Indonesia, serta dilengkapi dengan teknologi canggih.Ekspansi Sony Music Entertainment ini datang pada saat industri musik Indonesia diproyeksikan akan terus tumbuh sebesar 11,92% per tahun dalam empat tahun mendatang, dengan volume pasar diperkirakan mencapai lebih dari US$300 juta pada tahun 2027.

Pertumbuhan ini juga tercermin dalam konsumsi musik online, di mana 38% masyarakat Indonesia menggunakan layanan musik on-demand setidaknya seminggu sekali, menurut IFPI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Menparekraf

Upacara pembukaan resmi kantor baru ini di CIBIS Park dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, serta eksekutif senior Sony Music Group, artis-artis, dan mitra bisnis. Perayaan ini juga diramaikan dengan serangkaian acara, termasuk penampilan dari berbagai artis Sony Music Indonesia seperti Aziz Hedra dan Andrea, Aruma, Meiska, Raissa Ramadhani dan Jesenn, serta artis-artis kenamaan seperti Fatin Shidqia, Jaz, Terry Shahab, dan Yovie & Nuno. 

"Komitmen Sony Music Entertainment dalam kancah musik di negara kita yang dinamis ini mengakui warisan seni budaya Indonesia yang kaya dan bakat-bakat luar biasa dari anak negeri. Dengan menyediakan wadah bagi artis Indonesia untuk berkembang dan mendapatkan pengakuan internasional, kemitraan ini akan semakin meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan industri kreatif kita. Kami berharap Sony Music Entertainment akan memperkuat posisi kita sebagai pusat kreativitas di kancah dunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno.

 

3 dari 4 halaman

Komitmen Sony Music Entertainment Indonesia

Shridhar Subramaniam, Presiden, Strategi Perusahaan dan Pengembangan Pasar, Asia dan Timur Tengah, Sony Music Entertainment, mengatakan, "Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi kreatif di wilayah ini, dan kami melihat pertumbuhan industri musik lokal yang berkelanjutan. Akselerasi industri musik Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong, termasuk popularitas musik Indonesia di luar negeri, perpaduan unik antara pengaruh tradisional dan modern, serta peningkatan penggunaan platform digital," ujarnya.

"Faktor-faktor ini membawa peluang menarik bagi artis Indonesia untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Sebagai pemain lama di industri musik tanah air, Sony Music Indonesia berkomitmen untuk mendukung perkembangan dan kesuksesan para artis kami."

 

4 dari 4 halaman

Mendukung Artis Lama dan Menyambut Pendatang Baru

Muhammad Soufan, Presiden Direktur Sony Music Entertainment Indonesia (SMEI), mengatakan kantor baru ini menandai komitmen perusahaan terhadap talenta lokal dan industri musik Indonesia.

"Tim SMEI sangat bangga hari ini. Kantor ini mencerminkan lebih dari seperempat abad kami berinvestasi pada talenta Indonesia dan berkontribusi dalam industri musik lokal. Kami merasa beruntung telah melihat secara langsung bagaimana warisan budaya yang beragam dan energi kreatif dari negara dengan populasi terpadat di Asia Tenggara ini telah mendorong perkembangan musik kita dan menghasilkan begitu banyak artis sukses. Kami sangat bersemangat untuk memperluas jangkauan kami dan terus mendukung artis lama serta menyambut para pendatang baru," sambungnya.

SMEI telah meraih 76 penghargaan bergengsi di AMI Awards. Penghargaan-penghargaan ini diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia setiap tahun untuk mengakui prestasi luar biasa dari musisi Indonesia. SMEI juga telah dua belas kali dinobatkan sebagai Producer of The Year, memenangkan gelar ini delapan kali berturut-turut mulai dari tahun 2001 hingga 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini