Sukses

6 Artis Jalani Operasi Bariatrik Termasuk Jennifer Dunn dan Melly Goeslaw, Manfaatnya Tak Hanya Bikin Langsing

Sederet artis termasuk Melly Goeslaw dan Jennifer Dunn pernah melakukan operasi bariatrik untuk memerangi obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bentuk tubuh ideal tentu jadi harapan banyak orang. Namun jika sudah melakukan berbagai upaya tak berhasil, salah satu solusinya Operasi Bariatrik. Mengutip situs kemkes.go.id, bedah ini memang masih terbilang jarang di Indonesia. Di beberapa negara termasuk Filipina, prosedur operasi ini sudah cukup umum dilakukan.

Bukan soal penampilan atau sekadar langsing. Mereka yang masuk kategori obesitas atau morbid obesity (di atas 200 kg) dianjurkan mengikuti bedah ini. Namun tak harus obesitas, indeks massa tubuh sudah di atas 30 dan memiliki penyakit ko-morbid seperti diabetes melitus, jantung, hiperlipidemia (kelebihan lemak dalam darah), hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol dalam darah) atau asma, sudah memenuhi syarat buat melakukan bedah ini.

Metode Bariatrik sendiri terbagi jadi dua jenis. Pertama, reversible (bisa kembali) yakni gastric banding, di mana leher lambung diikat. Kedua, irreversible atau metode pembedahan yang melibatkan pemotongan lambung.

Artis Melly Goeslaw pernah melakukan Operasi Bariatrik. Pelantun “Jika” menjalani prosedur Bariatrik pada Juni 2022 dan mengaku turun 23 kilogram. Tak cuma terlihat lebih langsing, istri Anto Hoed juga mengaku hasil lab diabet-nya jauh berkurang.

Juni 2023, Jennifer Dunn menjalani prosedur serupa dan sudah turun empat kilogram sepekan setelah operasi. Berikut 6 artis yang jalani Operasi Bariatrik dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (20/06/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Melly Goeslaw

Juli 2022, Melly menceritakan alasan mengikuti Operasi Bariatrik. Sebelum operasi, ia mengikuti diet dan turun 25 kilogram. Tapi masih masuk kategori obesitas. Hal ini diperparah dengan gula darahnya yang tinggi.

Saat menghadiri acara pada November 2022, Melly mengaku turun 23 kilogram dalam empat bulan usai jalani Bariatrik. Selain itu, hasil tes laboratorium diabet yang tadinya menunjukkan 250, turun jadi 99.

3 dari 7 halaman

Jennifer Dunn

Pekan lalu Jennifer Dunn mengunggah postingan di sebuah RS kawasan Jakarta Selatan, hendak menjalani operasi Bariatric metode Endoscopic Sleeve Gastroplasty.

Sepekan kemudian, saat ditanya apakah berat badannya sudah turun, bintang Malin Kundang 2 mengaku bobotnya merosot 4 kilogram sepekan pascaoperasi.

4 dari 7 halaman

Sharon Osbourne

Artis Sharon Osbourne mengaku sempat merasa rendah diri akibat penampilan gemuknya pada akhir era 1990-an. Melansir situs Mirror, akibat merasa tak puas dengan berbagai metode diet yang dijalani, Sharon memutuskan melakukan Bariatrik pada 1999.

5 dari 7 halaman

Randy Jackson

Mantan juri American Idol, Randy Jackson dikenal memiliki tubuh tambun. Menurut situs goodhousekeeping, pada 2003, dia didiagnosis Diabetes tipe 2. Saat itu beratnya lebih dari 150 kilogram. Randy kemudian memutuskan ikut operasi Bariatrik. Setelah itu, berat badannya turun hingga 50 kilogram.

6 dari 7 halaman

Mariah Carey

Dikenal dengan citra seksi pada era 1990-an, penampilan Mariah Carey terlihat lebih besar pada era 2010-an. Akhirnya pelantun “My All” ini melakukan Operasi Bariatrik pada 2017. Melansir situs Entertainment Tonight, dalam 3 bulan setelah operasi Mariah turun 13 kilogram.

7 dari 7 halaman

Kelly Osbourne

Kelly Osbourne sempat identik dengan tubuh subur. Sekitar akhir era 2010-an, ia mulai tampil lebih langsing. Sempat merahasiakan, pada 2020 Kelly Osbourne membuat pengakuan bahwa dua tahun lalu (2018) menjalani operasi Bariatrik.

Melansir US Weekly, Kelly turun 38 kilogram setelah operasi dan mengaku psikisnya lebih tenang dengan bentuk tubuh sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.