Sukses

Ditanya soal Miyabi, Ganjar Pranowo Mengaku Sama Sekali Tak Kenal: Siapa Itu?

Setelah mengemukakan pendapatnya seputar foto hoaks yang beredar kepada Andy F. Noya, Ganjar Pranowo sempat ditanya apakah dirinya mengenal sosok Maria Ozawa alias Miyabi.

Liputan6.com, Jakarta Nama Maria Ozawa alias Miyabi belum lama ini menjadi perbincangan publik Tanah Air. Pasalnya, di media sosial beredar sebuah foto hoaks yang memperlihatkan seolah sang mantan bintang film dewasa asal Jepang sedang bermesraan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Foto hoaks tersebut beredar setelah Ganjar Pranowo diusung sebagai bakal calon Presiden RI oleh PDIP untuk Pemilu 2024 mendatang. Ganjar Pranowo sendiri telah mengonfirmasi bahwa foto mesranya dengan Miyabi tersebut merupakan hoaks dan merupakan bagian dari black campaign.

Reaksi Ganjar Pranowo terhadap foto hoaks yang menimpa dirinya tersebut, disampaikan olehnya secara langsung saat sang Gubernur Jawa Tengah itu berbincang-bincang dengan Andy F. Noya dalam program televisi swasta bertajuk Kick Andy.

Menariknya, setelah mengemukakan pendapatnya seputar foto hoaks tersebut, Ganjar Pranowo sempat ditanya apakah dirinya mengenal sosok Maria Ozawa alias Miyabi. Ternyata, Ganjar mengaku sama sekali tak tahu tentang Miyabi meskipun sang aktris cukup dikenal di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengakuan Ganjar Pranowo Tak Kenal dengan Miyabi

Pertanyaan spontan disampaikan Andy F. Noya setelah Ganjar Pranowo menyatakan bahwa disebarnya isu foto hoaks tersebut merupakan suatu tindakan yang "sadis dan bengis", serta bagian dari black campaign yang isinya cuma hoaks dan fitnah.

"Tapi anda kenal Maria Ozawa?" tanya Andy F. Noya secara spontan, seperti bisa disimak di kanal YouTube Metro TV, diunggah Minggu (14/5/2023).

"Enggak, siapa itu?" jawab Ganjar Pranowo dengan ekspresi wajah bingung.

"Oke, jadi Anda tidak kenal ya? Anda juga tidak pernah menonton videonya?" tanya Andy F. Noya lagi.

"Enggak," timpal Ganjar disusul dengan tawa.

3 dari 5 halaman

Ganjar Pranowo Tak Mempemasalahkan Penyebar Foto Hoaks Mesra dengan Miyabi

Ditanya mengenai apakah Ganjar Pranowo akan mengambil tindakan terhadap penyebar pertama foto hoaks tersebut, sang gubernur memilih untuk membiarkannya saja.

"Saya biarkan saja. Satu, saya tidak kenal orangnya. Dua, kelak kemudian itu akan menjadi catatan dari yang lain... Jadi artinya kita bisa kok membawa sebuah perdebatan gagasan menarik yang bikin rakyat antusias daripada sekadar fitnah," ujarnya.

"Kalau fitnah seperti ini sekali dua kali mungkin biasa. Teman-teman tim hukum saya juga menyampaikan, 'Mas Ganjar, dibuka saja.' 'Jangan, biarkan saja,'" ujar Ganjar Pranowo.

 

4 dari 5 halaman

Tetap Akan Ada Tindakan dari Pihak Ganjar Pranowo Jika Hoaks Terus Dilancarkan

Namun begitu, Ganjar Pranowo tetap tak menampik pihaknya bisa saja mengambil tindakan seandainya hoaks serupa terus bermunculan kembali.

"Kalau nanti berulang, publik sudah mengingatkan, di acara ini juga sudah jelas itu bukan saya. Kalau itu diteruskan, mungkin saja orang akan mengambil tindakan yang lain. Buat saya hari ini, biarkan saja," terang Ganjar Pranowo.

 

5 dari 5 halaman

Foto Hoaks Ganjar Pranowo dan Miyabi yang Menghebohkan Publik

Salah satu foto hoaks Ganjar Pranowo dan Miyabi, diunggah melalui akun Facebook. Tampak foto hoaks itu diunggah pada 2 Mei 2023.

Dalam unggahan foto Ganjar Pranowo seolah sedang mencium Maria Ozawa itu, disertai narasi, "Ganjar - Maria Ozawa, Petugas Partai Pemain B****, B**** Megawati, B***** Cina dan B***** Olilarki".

Akun tersebut juga menambahkan narasi, "Calon presidennya indonesia, Klo aku sih NO."

Faktanya, dalam foto asli, pria yang mencium bukanlah Ganjar Pranowo. Kesamaan terdapat pada baju yang dikenakan dan juga wanita yang dicium.

Penampakan foto asli itu bisa ditemukan dalam website Dreamstime.com. Selain itu, foto asli juga ditemukan dalam website freeart.com. Foto itu diunggah oleh Antonio Guillem.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa unggahan foto yang diklaim Ganjar Pranowo sedang mencium Maria Ozawa adalah hoaks. Faktanya, foto itu merupakan hasil editan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini