Sukses

7 Tips Layanan untuk Pemilik Mobil yang Ingin Mencoba Car Wash Modern

Tingginya persaingan di industri cuci mobil atau car wash di Indonesia juga menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada 2020 mencapai 143,45 juta unit. Terdiri dari sepeda motor sebanyak 123,72 juta unit; mobil sebanyak 20,43 juta unit; dan kendaraan lainnya sebanyak 147 ribu unit.

Dengan jumlah kendaraan yang makin banyak, permintaan terhadap jasa perawatan kendaraan seperti cuci mobil pun makin meningkat. Tingginya persaingan di industri cuci mobil atau car wash di Indonesia juga menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis.

Terdapat banyak bisnis cuci mobil yang bermunculan dengan berbagai macam konsep, layanan, dan harga yang ditawarkan.

Hal ini membuat para pelaku bisnis harus terus berinovasi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan agar dapat bersaing dan memenangkan persaingan di pasar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bisnis Cuci Mobil dengan Konsep Lebih Modern

Di sisi lain, terdapat juga potensi bisnis cuci mobil dengan konsep yang lebih modern dan berbeda dari bisnis cuci mobil tradisional. Misalnya menggunakan teknologi atau konsep open space seperti yang dilakukan oleh GOGO Car Wash.

"Kami sangat berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam proses pelayanan cucian mobil. Konsep open space kami hadirkan untuk membangun kepercayaan dan ikatan emosional dengan pelanggan," ujar Afif Bangun Pilardi, founder dari GOGO Car Wash.

"Pelayanan yang terintergrasi dengan sistem online dari pencatatan paket, progres pengerjaan serta pembayaran dilakukan dengan 1 sistem yang terintegrasi dari awal customer datang. Pengerjaan untuk proses pengeringan GOGO Car Wash full menggunakan Microfiber drying towel agar lebih cepat, kering, dan mengurangi terjadinya swirl pada kendaraan," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Membangun Cabang Kedua Secara Mandiri

GOGO Car Wash juga mengumumkan bahwa saat ini mereka sedang membangun cabang kedua secara mandiri di daerah Setu Cimuning, Bekasi, dari target empat cabang yang direncanakan untuk tahun 2023.

Afif Bangun Pilardi, lulusan FK YARSI 2013 yang memiliki latar belakang pendidikan kedokteran ini memberikan beberapa tips dalam membangun bisnis car wash

Berikut ini adalah tips mengenai bagaimana memberikan pengalaman terbaik saat mencuci mobil:

 

4 dari 5 halaman

Varian, Harga, Alat dan SOP

1. Perhatikan Varian Kebutuhan Cuci Mobil

Setiap mobil memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam proses pencucian. Pastikan untuk memperhatikan kebutuhan cuci mobil yang variatif, agar hasil yang didapatkan lebih optimal.

2. Harga yang Terjangkau

Saat memilih tempat cuci mobil, pastikan untuk memilih yang memiliki harga yang terjangkau dan sepadan dengan kualitas yang diberikan.

3. Alat dan Metode Kerja yang Sesuai

Pastikan tempat cuci mobil menggunakan alat dan metode kerja yang proper dan aman untuk kendaraan Anda, sehingga tidak merusak atau merusak cat kendaraan.

4. Standard Operating Procedure yang Tepat

Pastikan tempat cuci mobil memiliki SOP yang tepat dalam proses pencucian kendaraan, sehingga hasil yang didapatkan maksimal dan tidak merusak kendaraan.

 

5 dari 5 halaman

Kenyamanan, Assessment, One-Stop Service

5. Kenyamanan dalam Menunggu

Saat menunggu proses pencucian selesai, pastikan tempat cuci mobil menyediakan fasilitas yang nyaman seperti, cafetaria, coffee shop,mini market, dan lain-lain.

6. Assessment Cepat oleh PIC

Pastikan tempat cuci mobil memiliki layanan assessment (penilaian) cepat oleh PIC untuk edukasi dan informasi bila ada temuan kasus seperti getah yang sudah mengering, deposit mineral yang sudah lama, lem atau bekas stiker yang berbekas, aspal jalan yang menempel, atau masalah lainnya yang tidak bisa hilang maksimal dengan cuci biasa. Dengan layanan ini, pelanggan dapat mendapatkan solusi terbaik untuk membersihkan noda-noda tersebut.

7. One-Stop Service

Pastikan tempat cuci mobil menyediakan berbagai layanan seperti autodetailing, body repair & repaint, aksesoris yang lengkap, dan service kendaraan yang tepat. Sehingga Anda tidak perlu repot mencari tempat lain untuk merawat kendaraan Anda.

Semua tips tersebut dijanjikan selalu diimplementasikan di GoGo Car Wash agar mereka bisa bersaing secara masif di industri car wash.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini