Sukses

7 Karakter Film Indonesia Box Office yang Alami Perubahan Pemain, Termasuk Tokoh Dilan dari Iqbaal Ramadhan ke Arbani Yasiz

Deretan seri film Indonesia populer pernah mengalami perubahan pemain, terbaru karakter Dilan yang pindah tangan dari Iqbaal Ramadhan ke Arbani Yasiz.

Liputan6.com, Jakarta Industri film Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Perolehan jumlah penonton terus meneruskan rekor baru. Tak bisa dipungkiri, bintang utama dianggap menjadi salah satu poin penting dalam sukses atau tidaknya sebuah film memuncaki tangga box office.

Dilan 1990 (2018) adalah salah satu film yang meraih sukses komersial, dengan raupan 6,3 juta penonton. Karakter Dilan diperankan dengan baik oleh Iqbaal Ramadhan, yang dulunya dikenal sebagai personel Coboy Junior.

Iqbaal kembali menjadi Dilan dalam dua seri selanjutnya, Dilan 1991 (2019) dan Milea: Suara dari Dilan (2020). Namun ia dipastikan tak ikut terlibat dalam kelanjutannya, Ancika 1995. Dalam konferensi pers, telah diumumkan bahwa Dilan akan diperankan oleh aktor Arbani Yasiz.

Selain Dilan, sejumlah karakter di film Indonesia yang menembus satu juta penonton ini alami perubahan pemain. Berikut daftarnya dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Rangga Almahendra (99 Cahaya di Langit Eropa)

Film 99 Cahaya di Langit Eropa (2013) diangkat dari novel karya pasutri Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Mulanya Acha Septriasa dipasangkan dengan Abimana Aryasatya. Film ini sukses mengumpulkan 1,1 juta penonton.

Acha dan Abimana meneruskan perannya di sekuel 99 Cahaya yakni Bulan Terbelah di Langit Amerika. Namun dalam seri selanjutnya berjudul Hanum & Rangga Faith and the City, karakter Rangga diperankan oleh Rio Dewanto. Sementara Acha tetap berperan sebagai Hanum.

3 dari 8 halaman

Arai (Laskar Pelangi)

Film Laskar Pelangi yang rilis 2008 berjaya di tangga box office dengan raihan 4,7 juta penonton, hingga dibuatkan kelanjutannya yakni Sang Pemimpi (2009). Pada bagian akhir Sang Pemimpi, muncul karakter Ikal dan Arai dewasa yang masing-masing dibintangi Lukman Sardi dan Nazril Ilham alias Ariel Noah.

Tapi ketika cerita berlanjut ke film Laskar Pelangi 2: Edensor, karakter Arai dewasa dibawakan oleh Abimana Aryasatya.

4 dari 8 halaman

Mei Rose (Surga yang Tak Dirindukan)

Raline Shah berperan sebagai Mei Rose, wanita yang menjadi duri dalam pernikahan Arini (Laudya Cynthia Bella) dengan Pras (Fedi Nuril). Film Surga yang Tak Dirindukan 1 dan 2 masing-masing meraih 1,5 dan 1,6 juta penonton.

Raline melanjutkan peran sebagai Mei Rose di film kedua. Tapi pada Surga yang Tak Dirindukan 3, karakter ini diperankan oleh Marsha Timothy.

5 dari 8 halaman

Ayudia (Teman Tapi Menikah)

Film Teman Tapi Menikah yang rilis 2018 diangkat dari kisah nyata hubungan asmara artis Ayudia Bing Slamet dengan Ditto, yang bermula dari kawan hingga berakhir di pelaminan.

Vanesha Prescilla didapuk memerankan Ayudia, mendampingi Adipati Dolken yang berperan sebagai Ditto. Film ini meraih 1,6 juta penonton. Namun pada film kedua, karakter Ayudia diperankan oleh Mawar De Jongh alias Mawar Eva.

6 dari 8 halaman

Natalie (Cek Toko Sebelah)

Rilis 2016, Cek Toko Sebelah meraih sukses finansial dengan mengumpulkan 2,6 juta penonton. Tak heran jika pada 2022, sang kreator Ernest Prakasa menghadirkan sekuelnya. Sejumlah pemain kembali memerankan karakter mereka. Namun tokoh Natalie mengalami pergantian, dari yang sebelumnya Gisella Anastasia menjadi Laura Basuki.

7 dari 8 halaman

Ancika

Tokoh Ancika yang diperankan Steffi Zamora muncul sebagai kekasih Dilan dalam film Milea: Suara dari Dilan (2020). Kini sedang dipersiapkan film Ancika 1995, tapi pemerannya Zee JKT 48.

8 dari 8 halaman

Dilan

Selain Ancika, Dilan sang tokoh utama pria dalam film Ancika 1995 juga mengalami perubahan. Arbani Yasiz telah diumumkan memerankan Dilan, menggantikan Iqbaal Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.