Sukses

6 Curhatan Once Mekel Soal Polemik dengan Ahmad Dhani: Ada Kebebasan Bawakan Lagu Tanpa Minta Izin ke Pencipta dengan Bayar Royalti ke LMKN

Once Mekel sampaikan pendapat dan point of view miliknya dari ultimatum Ahmad Dhani berkaitan dengan royalti Dewa 19.

Liputan6.com, Jakarta - Once Mekel memang dikenal sebagai salah satu solois pria terbaik milik Tanah Air. Namanya meroket terlebih saat tergabung menjadi vokalis band Dewa 19 milik Ahmad Dhani.

Setelah sekitar 10 tahun menggantikan Ari Lasso sebagai penyanyi di band tersebut, akhirnya Once hengkang dan fokus berkarier sebagai penyanyi solo. Namun, pada beberapa kesempatan Once dipandang masih menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

Baru-baru ini, Ahmad Dhani pun meminta Once untuk berhenti nyanyikan lagu Dewa 19 saat dirinya manggung karena memiliki korelasi dengan royalti. Dhani juga melontarkan keputusan tersebut untuk tidak menganggu tur konser Dewa 19 yang akan dilaksanakan seusai lebaran tahun 2023 ini.

Menanggapi berbagai isu dan ultimatum yang ada, Once pun bagikan cerita serta pandangannya melalui bincang santai di akun YouTube milik Anji hari Rabu (5/4/2023). Simak 6 curhatan dan cerita dari Once berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kerap Bawakan Hanya Satu Lagu Milik Dewa 19

Di awal video, Anji menanyakan berapa banyak lagu Dewa 19 yang ia bawakan ketika manggung. Once pun langsung menjawab dengan mengatakan,

“Terakhir cuma 1, cuma 1 lagu. Ya…udah setahun terakhir lah paling nggak. Satu lagu aja, “Cemburu” itu satu…karena gua suka nadanya. Sebab gue juga yang bikin nadanya kan. Gue bikin chordsnya, struktur chordsnya juga. Jadi memang gua seneng sama nadanya,” ujar Once.

3 dari 7 halaman

2. Anak Ikut Pusing Karena Keadaan Ini

Once pun mengaku merasa pusing menghadapi permasalahan ini, sampai anaknya yang masih duduk di bangku SMA pun ikut terusik.

“Ya pusing juga lah, sebab anak gua satu sekolah ditanyain. ‘Apaan tuh, bokap lo berantem sama temennya?’,” kata Once yang disambut tawa Anji. Once pun berikan pengertian bagi sang anak yang juga gemar bermain musik, “Ya begitu lah main musik. Mungkin kamu bisa ambil hikmah dari situ”.

4 dari 7 halaman

3. Musisi Punya Kebebasan Bawakan Lagu

Termasuk aware dengan Undang-undang terkait hak Cipta, Once berikan fakta dari beberapa pasal. “Pasal 23 itu berkata seperti itu ‘Setiap orang dapat membawakan (kurang lebih) lagu tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada pencipta dengan membayar royalti kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN)’ kurang lebih seperti itu,” jelas Once.

“Nah, di pasal 87 itu baru mengatur yang lebih spesifik tentang lembaga manajemen kolektif ini kan seperti itu,” tambahnya.

5 dari 7 halaman

4. Khawatir Lagu Lokal Nggak Berkembang

"Ada banyak pelanggaran hukum (royalti musik) dan itu harus diantisipasi. Satu lagi, bisa-bisa orang akan nggak pake lagu Indonesia. Karena lagu Indonesia kan rumit dan menjadi lebih sensitif. Meskipun, lagu barat pun tetep harus pake mekanisme itu, karena lagu-lagu barat yang diputer, dimainkan mereka itu punya publishing company yang perwakilannya di luar negeri kan sama aja," kata Once.

Ia menambahkan pula kekhawatirannya, "Nanti artinya orang-orang nanti 'ah, lagu Indonesia ribet nggak usah deh...lagu barat aja' gitu kan. Akhirnya nanti lagu-lagu lokal kita nggak berkembang dong karena perseturuan nggak ada abisnya kayak begini."

6 dari 7 halaman

5. Punya Banyak Kecocokan dengan Ahmad Dhani

Di tengah siniar, Anji ungkapkan pernyataan Ahmad Dhani yang mengaku paling suka dengan karakter suara Once. 

“Ya, thank you. Gua punya banyak kecocokan sama dia, dalam hal dynamic musik, gambaran kita di kepala itu ada banyak nyambungnya,” ucap Once menanggapi Anji.

 

7 dari 7 halaman

6. Dewa 19 Itu Band yang Intens

"Gua tuh udah ikut Dewa dari tahun 2000, gua rasa gua nggak banyak permintaan gimana, buat gua tuh ikut Dewa suatu bentuk loyalitas,". Itu ada dalam tim, ketika Ahmad Dhani punya program kesana-kesini, kita selalu ikutin kok…Artinya kita punya rasa loyal yang tinggi," ucapnya.

“Dewa itu Band yang intens banget ya, setidaknya di masa gua bergabung tuh intens banget. Dan lu kalau ada di dalam lu musti siap. Kita pernah punya prinsip satu, elu kalau sakit nggak profesional, tanya aja Ahmad Dhani,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.