Sukses

Dampak Gempa Rusia di Kamchatka, Gedung Retak dan Barang-Barang Berantakan Termasuk di Supermarket

Dalam berbagai video yang beredar, terlihat beberapa orang berlarian di dalam gedung saat gempa Rusia melanda Kamchatka.

Liputan6.com, Jakarta Gempa Rusia dengan kekuatan 6,6 magnitudo yang melanda sekitar pantai timur Kamchatka, Rusia, Senin (3/4/2023), sempat menimbulkan kepanikan. Suasana selama gempa Rusia sempat terekam dalam bentuk video dan bermunculan di media sosial.

Menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC gempa bumi tersebut terjadi pada kedalaman 100 km (62,13 mil), dikutip dari laman The Independent, Selasa (4/4/2023). Gempa bumi dirasakan pada jam 15.06 waktu setempat.

Dalam berbagai video yang beredar, terlihat beberapa orang berlarian di dalam gedung saat gempa bumi Rusia. Selain itu, diperlihatkan juga video yang memperlihatkan botol-botol di supermarket berjatuhan dan pecah.

Selain itu, sejumlah gedung terlihat retak dan beberapa puing-puing berserakan di jalanan. Beruntung tak ada korban jiwa dan kerusakan yang terbilang besar. Laporan awal juga meyebutkan tak ada tsunami dan terbukti hingga kabar ini disusun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Kementerian Setempat Soal Gempa Rusia

Setelah gempa terjadi, pihak kementerian menyampaikan pernyataan yang intinya suasana masih aman terkendali.

"Kelompok operasional penyelamat dan pemadam kebakaran sedang memeriksa bangunan. Menurut informasi awal, tidak ada korban jiwa dan kehancuran," kata pihak kementerian darurat melansir reuters.com.

 

3 dari 4 halaman

Angka Magnitudo Gempa Rusia di Kamchatka yang Berubah

Survei Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia cabang Kamchatka mengatakan bahwa kekuatan gempa memiliki kekuatan magnitudo 6,9.

Namun Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) sebelumnya sempat menyatakan bahwa gempa ini bermagnitudo 6,6.

 

4 dari 4 halaman

Gempa Bumi Rusia Kedua di Kamchatka Selama Sebulan Terakhir

Layanan geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia mengatakan, gempa tersebut dan terjadi di dekat Teluk Avacha di pantai tenggara Semenanjung Kamchatka, lapor Sputnik News.

Ini adalah gempa bumi kedua di wilayah Kamchatka dalam sebulan, setelah gempa magnitudo 6,1 menghantam pantai selatan Semenanjung Kamchatka pada 8 Maret 2023.

Gempa Rusia bulan lalu menyebabkan dua gempa susulan berikutnya dalam waktu tiga jam setelah aktivitas seismik pertama.

Semenanjung Kamchatka, yang terletak di Timur Jauh Rusia, memiliki panjang 1.250 km. Wilayah ini memiliki kepadatan gunung berapi aktif tertinggi, dengan 19 gunung berapi aktif di wilayah tersebut masuk dalam Daftar Warisan Dunia Unesco.

Wilayah ini juga rawan gempa bumi karena berada di bagian timur laut zona seismik aktif di Samudera Pasifik yang dikenal sebagai Cincin Api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.