Sukses

Ria Ricis dan Teuku Ryan Gelar Tedak Siten Moana, Barang Ini Yang Dipilih Saat Prosesi Kurungan

Pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan menggelar tradisi Tedak Siten untuk putri mereka, Cut Raifa Ara Moana, yang kini menginjak usia 7 bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan menggelar tradisi Tedak Siten untuk putri mereka, Cut Raifa Ara Moana, yang kini menginjak usia 7 bulan. Acara Tedak Siten Moana pun disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Ria Ricis Tedak Siten mengatakan, diantara rentetan prosesi yang dilakukan, momen Moana dimasukkan atau 'dikurung' di kandang ayam, menjadi hal yang paling dinanti.

Diakui Ria Ricis, sebelumnya Moana juga sudah melakukan latihan untuk prosesi tersebut. "Tadi ada beberapat tahapan, cuma yang paling inti dan paling ditunggu adalah yang tadi masuk kurungan," ujar Ria Ricis usai acara di Kawasan Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Minggu (19/3/2023).

"Karena itu sudah latihan sejak beberapa hari lalu. Karena dia kalau melihat hal baru suka takut ya," ujar Ria Ricis menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memilih Benda Dalam Kurungan

Di dalam kurungan tersebut, Moana memilih benda yang ada di dalamnya. Benda yang ada di dalam kurungan nantinya diambil Moana, dan menggambarkan profesi yang ingin dijalani kelak jika sudah dewasa.

"Ada banyak. Dia pilih Alquran, alat kedokteran, obat juga. Milih masak-masakan, gitar juga dipilih. Karena dia memang menyukai hal-hal baru dan eksplore-nya tuh banyak banget," terang Teuku Ryan.

 

3 dari 4 halaman

Menggenggam Stetoskop

Ria Ricis menambahkan, diantara beberapa barang yang dipilih, ada satu yang dibawa keluar anak perempuan yang karib disapa Baby Moana. Ia tetap menggenggam stetoskop hingga keluar dari kurungan.

"Justru yang terakhir dibawa keluar dari kurungan justru stetoskop, yang dokter-dokteran. Ya apapun yang dipilih insya Allah yang terbaik," ucap Ria Ricis.

 

4 dari 4 halaman

Menjalani Tradisi Keluarga

Bukan hanya sekadar menjalani tradisi yang diwariskan keluarga, Ria Ricis dan Teuku Ryan senang acara tersebut dihadiri keluarga besarnya. Ria Ricis senang tradisi yang dilakukan secara turun temurun ini juga menjadi ajang silaturahmi keluarga.

Pasalnya, keluarga besar Ria Ricis dan Teuku Ryan turut hadir di acara tersebut. "Alhamdulillah, tradisi kali ini kita ngikutin turun menurun dari Mbah Kung yaitu Papah Ricis, Alhamdulillah keluarga dari Jawa Tengah datang semua," pungkas Ria Ricis. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.