Sukses

Mirip Kasus Teddy Minahasa, Film-Film Ini Sorot Polisi yang Terjerat Kasus Narkoba

Liputan6.com, Jakarta Kasus peredaran narkoba jenis sabu-sabu yang menjerat mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa, telah sampai ke meja hijau. Sidang kasus Teddy Minahasa ini sempat digelar Kamis (16/3/2023) kemarin.

Diketahui, Teddy Minahasa didakwa bersama-sama dengan bawahannya yang menawarkan, membeli, menjual, dan menjadi perantara narkoba berupa narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu.

Lebih lanjut, sabu yang diperjualbelikan ini merupakan hasil barang sitaan yang beratnya lebih dari 5 gram dan disebut berasal dari barang bukti kasus narkoba yang disisihkan lalu diganti dengan tawas.

Menelusuri lebih jauh, para pecinta film tentu jadi teringat lagi dengan beberapa judul film yang alurnya mirip dengan kasus ini: polisi yang terjerat kasus narkoba. Namun terdapat beberapa film yang skenarionya berkesan di mata para penonton dan pengamat. Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Film Leon: The Professional Tunjukkan Antagonis Polisi Terbaik

Film Leon: The Professional yang dirilis pada 1994 silam, memang bukan tentang persidangan mantan polisi yang ditetapkan sebagai terdakwa kasus narkoba. Namun, karakter antagonisnya adalah seorang polisi yang brutal dan keji.

Diperankan Gary Oldman, karakter bernama Norman Stansfield dalam film ini merupakan seorang agen Drug Enforcement Administration (DEA) atau Administrasi Pemberantasan Narkoba, namun memiliki mental korup.

Norman Stansfield bahkan menyimpan kokain di rumahnya dan tak segan-segan menghabisi keluarga seorang pekerja yang telah mengecohnya.

3 dari 5 halaman

2. Rush Angkat Polisi Ketagihan Narkoba di Tengah Penyamaran Menangkap Bandar

Film Rush yang rilis pada 1991 lalu memiliki cerita menarik, berkisah tentang polisi pria bernama Raynor (Jason Patric) yang mengajak polisi wanita bernama Cates (Jennifer Jason Leigh) untuk menjadi rekannya dalam menangkap bandar narkoba.

Di tengah prosesnya, Raynor dan Cates harus benar-benar mencoba narkoba untuk meyakinkan orang-orang di lingkar bandar yang menjadi target mereka.

Namun keduanya justru malah aktif menjadi pengguna narkoba hingga sempat berusaha untuk menghapus jejak transaksi dengan bandar agar tak ketahuan rekan-rekannnya.

4 dari 5 halaman

3. American Gangster Tunjukkan Nasib Polisi Korup yang Terjerat Narkoba

American Gangster barangkali bisa menjadi salah satu film yang patut dijadikan gambaran betapa korup di kepolisian sangatlah merugikan.

Dalam film ini, sejumlah polisi diperlihatkan secara gamblang bersedia untuk disuap oleh seorang bandar narkoba.

Namun berkat perjuangan para polisi bersih yang jadi tokoh utamanya, polisi-polisi korup tersebut ditangkap.

5 dari 5 halaman

4. The Raid Tunjukkan Aksi Maut Polisi di Sarang Narkoba

The Raid merupakan film aksi laga Indonesia yang sukses menjadi cult di seluruh dunia. Dalam film pertama, para polisi muda ditugaskan untuk masuk ke sarang bandar narkoba di sebuah apartemen.

Setelah rangkaian adegan laga yang seolah tanpa jeda, terungkaplah bahwa pimpinan para polisi muda ini adalah sosok yang korup.

Si pimpinan memanfaatkan operasi penangkapan bandar narkoba sebagai pijakan untuk menaikkan pamornya di kepolisian dengan mengorbankan para anak buahnya.

Akhirnya, ia pun ditangkap di ending film pertama dan dieksekusi di film kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini