Sukses

Chae Jong Hyeop Ungkap Dirinya Menderita Epilepsi, Tak Bisa Wamil sebagai Tentara Aktif

Liputan6.com, Jakarta Umur aktor Chae Jong Hyeop kini telah mendekati 30 tahun. Tak heran, pertanyaan soal wajib militer alias wamil mulai sering ditujukan kepadanya.

Dalam wawancara terkini yang diwartakan Soompi, Kamis (19/1/2023), bintang drakor Unlock My Boss tersebut mengungkap ia tak bisa menjalani wamil sebagai tentara aktif. Ini karena ia didiagnosis memiliki penyakit epilepsi.

Chae Jong Hyeop mengatakan ia pertama kali mengalami gejala epilepsi pada 2018, saat ia sedang bersekolah di luar negeri.

“Ada beberapa kejadian di mana aku pingsan dengan buih di mulut,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Syarat Wamil Tentara Aktif

Sekadar informasi, syarat untuk menjalani wamil sebagai tentara aktif adalah level 1-3 dalam pemeriksaan fisik. Chae Jong Yeop sendiri tak masuk dalam kategori ini.

“Saat pemeriksaan fisik, aku menerima level empat, tapi bila tak menjalani wamil selama empat tahun, kita harus kembali dites,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Ingin Sembuhkan Diri

Setelah menerima hasil tes itu, Chae Jong Yeop berniat untuk menyembuhkan diri secara total. “Namun kemudian tanggal pemeriksaan ulang aku telah ditentukan, dan aku menjalani  electroencephalography [EEG] dan aku dinyatakan menderita epilepsi,” kata dia.

Setelah tes ulang ini, ia dinyatakan sebagai level 5, dan telah disetujui untuk wamil sebagai Agen SDM Layanan Masa Perang.

4 dari 4 halaman

Unlock My Boss

Dalam wawancara yang sama, ia mengungkap kesannya mengenai drakor yang baru saja ia tuntaskan, Unlock My Boss. “Aku merasa sedih sekaligus lega karena dramanya sudah berakhir. Unlock My Boss adalah proyek yang sangat spesial dan bermakna,” kata dia.

Ia menyebut bahwa ini adalah proyek pertama di mana sang sutradara meminta opininya. “Berkat hal ini, aku bisa bergerak bebas di depan kamera,” kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS