Sukses

Titi Kamal Lega, BPOM Nyatakan Sirop Penopang Daya Tahan Tubuh Anak-anaknya Aman Dikonsumsi

Titi Kamal salah satu yang deg-degan saat kasus cemaran obat sirop yang menjadi pemicu gagal ginjal akut pada anak di Indonesia merebak, tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Titi Kamal salah satu yang deg-degan saat kasus cemaran obat sirop yang jadi pemicu gagal ginjal akut pada anak di Indonesia merebak. Jumlah kasus pada Desember 2022 mencapai 324 sementara 200 di antaranya berujung pasien meninggal dunia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM melakukan berbagai langkah terkait obat sirop yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). BPOM pun rutin memperbarui daftar obat sirop anak yang aman dari risiko cemaran EG dan DEG.

Istri Christian Sugiono memperkenalkan sirop penunjang daya tahan tubuh kepada anak-anaknya. Apalagi, dua tahun terakhir Indonesia diterjang pandemi Covid-19. Saat kasus cemaran EG dan DEG merebak, Titi Kamal terus memantau perkembangan terkininya.

Kabar terbaru, surat BPOM RI No. B-PW.02.04.4.43.12.22.995 yang dirilis 26 Desember 2022 dan No. B-PW.02.04.4.43.01.23.06 rilisan 1 Januari 2023 menyatakan seluruh produk sirop obat tradisional dan suplemen kesehatan dari PT. SOHO Industri Pharmasi aman digunakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alhamdulillah Sekali...

“Alhamdulilah sekali, lega banget setelah tahu produk ini resmi dinyatakan aman dikonsumsi untuk anak-anak sesuai anjuran pakai BPOM RI. Sekarang aku bisa kembali memberi mereka Imboost Kids sirop untuk menjaga daya tahan tubuh mereka sehari-hari,” kata brand ambasador Imboost tersebut.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (16/1/2023), Titi Kamal menjelaskan aktivitas kedua anaknya, yakni Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono, belakangan makin padat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Cerminan Kelegaan Para Ibu

“Saya percaya rasa lega saya saat ini juga cerminan kelegaan ibu-ibu di seluruh Indonesia. Sebagai ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dan anak-anak, termasuk dalam pemilihan suplemen daya tahan tubuh,“ Titi Kamal menyambung.

Karenanya, bintang film Ada Apa Dengan Cinta? mengajak para ibu di Indonesia lebih melek informasi valid seputar produk kesehatan keluarga. Pemilihan obat atau suplemen kesehatan pun perlu merujuk produk yang aman.

 

4 dari 4 halaman

Aman dan Diverifikasi

“Karenanya saya mengajak para ibu melindungi daya tahan tubuh si kecil dengan rutin memberikan suplemen yang terbukti aman dan diverifikasi oleh BPOM RI,” pungkas bintang sinetron Muslimah.

Dalam surat BPOM tersebut, dijelaskan bahwa verifikasi dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku, serta metode pengujian yang mengikuti standar atau farmakope terkini.

Direktur PT Soho Industri Pharmasi dan Vice President Research & Development, Regulatory, and Medical Affairs Soho Global Health Tbk., DR. Ir. Raphael Aswin Susilo Widodo, ST, M.Si, CIP, IPU, menyambut hangat kabar baik ini.

Menurutnya, proses quality control yang dilakukan Soho memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik dan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik yang ditetapkan BPOM.

“Kami melakukan uji mandiri terhadap cemaran EG dan DEG pada bahan baku serta semua produk jadi. Hasilnya memenuhi batas aman yang disyaratkan BPOM RI. Kami juga konsisten mengaudit sarana vendor dan supplier bahan baku hingga pengemas yang dipakai dalam produksi produk kami,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.