Sukses

Wartawan Senior Wina Armada Dapat Hadiah Cucu Ketiga

Wina Armada juga menyiapkan buku 'Tafsir KUHP Baru' di tengah kelahiran cucu ketiga.

Liputan6.com, Jakarta Kelahiran cucu ketiga wartawan yang ahli hukum pers dan kode etik jurnalistik Wina Armada Sukardi, SH, tak bisa diganggu gugat.

Dari sejak cucunya lahir, dibesuk dan ditemani di Mandaya Royal Hospital, Wina Armada tak pernah lepas dari laptop.

"Ini perlu kontinuitas. Saya sedang menulis dan merampungkan buku 'Tafsir KUHP baru (UU No 1 tahun 2023)' setebal 600 - 700 halaman. Alhamdullilah terbit tahun ini," ujar Wina Armada yang diberi ucapan selamat oleh sobat-sobat sesama wartawan dan advokat di grup WA-nya.

Cucu ketiga Wina Arnada diberi nama Kanaka Armada Dwinanto yang lahir dari pasangan Ryan dan Fath Sukardi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berkejaran dengan Waktu

Meski KUHP baru akan diberlakukan tiga tahun lagi, namun Wina Armada harus berkejaran dengan waktu dictengah kesibukannya sebagai wartawan senior dan advokat di Dewan Pers, PWI Pusat, dan Ketua Pelaksana Festival Film Wartawan (FFWI) ke XIII tahun 2023.

Terlebih lagi, di tengah kontroversi dan polemik ramai yang mencuat di media massa maupun dalam forum diskusi, setidaknya buku KUHP tulisan Wina Armada dapat menjadi pendingin dan solusi yang tepat bagi tegaknya supremasi hukum di negara kita.

 

3 dari 5 halaman

Pasal Karet

Dalam artikel berjudul 'Dibuang di UU Pers, Dipungut di KUHP', Wina Armada mempermasalahkan pasal-pasal karet yang sudah 'dibuang' Pemerintah dan DPR, kini malah 'dipungut' kembali oleh Pemerintah dan DPR.

"Aneh bin ajaib. Pasal-pasal karet tersebut malah dimasukkan menjadi rumusan hukum positif dalam KUHP baru. Apakah dimasukkannya rumusan yang enggak pernah dibuat dalam proses membahas UI Pers ini sebuah 'kemajuan' ataukah 'kemunduran'?" tanya Wina Armada.

 

4 dari 5 halaman

Karakter Festival Film Wartawan Indonesia

Di sisi lain, sebagai pengamat dan kritikus film, Wina Armada juga lebih memperjelas karakter Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) yang berbeda dengan festival film lainnya.

"Terus terang, proses pembentukan FFWI belum sampai pada taraf yang ajeg. FFWI masih terus berkembang dan mencari jati dirinya sendiri yang utuh," ungkap Wina Armada yang pernah menggaet piala Mitra sebagai penulis kritik film terbaik.

"Banyak pihak ingin membuat festival film hanya ikut-ikutan belaka dan redundant (pengulangan) dari festival film yang sudah ada. Bagi yang ingin serius membuat festival film lainnya, perlu dipikirkan celah perbedaan apa dengan festival film yang sudah ada. Harus dicari dasar perbedaan yang signifikan," saran Wina Armada.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat dari Perbedaan

Banyaknya festival film memberikan banyak manfaat jika berbagai festival itu mengandung perbedaan.

"Jika tidak, banyaknya festival film tetap saja hanya memberikan efek nada tunggal buat perfilman nasional," pungkas Wina Armada yang baru saja menerima penghargaan pengabdian seumur hidup (lifetime achievement award) dalam FFWI XII tahun 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini