Sukses

Drakor The Glory Bikin Dua Perundungan Sadis di Korea Selatan Kembali Disorot, Salah Satunya Mirip di Cerita

Karena The Glory, penonton Korea Selatan sendiri teringat dua kasus perundungan yang benar-benar terjadi.

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea The Glory tayang dengan sebuah peringatan pemicu alias trigger warning. Drakor yang dibintangi Song Hye Kyo ini memiliki konten bullying atau perundungan yang cukup bikin ngilu, dan dikhawatirkan bisa berakibat kurang baik bagi mereka yang rentan.

Dalam drakor ini, karakter Moon Dong Eun yang dimainkan Song Hye Kyo memang jadi bulan-bulanan para perundung. Salah satunya adalah kulitnya dibakar dengan pengeriting rambut.

Adegan ini memicu pertanyaan—terutama dari penonton global—benarkah perundungan di Korea Selatan separah ini? Ataukah ini murni fiksi belaka. Karena The Glory, penonton Korea Selatan sendiri teringat dua kasus perundungan yang benar-benar terjadi.

Bahkan diduga, kasus ini juga menjadi inspirasi dalam drakor ini. Dilansir dari Allkpop, Senin (9/1/2023), kasus pertama terjadi pada 2006.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus 2006

Korban dalam kasus ini adalah seorang siswi yang disebut dengan inisial “J.” Ia kala itu menempuh pendidikan di sekolah khusus putri di Cheongju, dan menjadi bulan-bulanan rekan sekolahnya.

Pelakunya adalah murid berinisial “K.” Pada suatu hari, K membakar lengan J dengan catokan, melukai dada korban dengan jepitan rambut, serta mengambil uang temannya ini. Semua gara-gara J telat saat dipanggil K dkk.

Atas kejadian ini, pelaku kemudian ditahan.

3 dari 4 halaman

Kasus 2020

Satu lagi kasus perundungan sadis yang kembali mencuat berkat The Glory, terjadi pada 2020. Dilansir dari Koreaboo, seorang pemuda 22 tahun dengan nama Park dikerjai teman-temannya dengan cara sadis pada hari ultahnya.

Ia diseret dan diikat di kursi, badannya disiram bensin dan sebuah kembang api diletakkan di kakinya. Saat kembang api dinyalakan, tubuh Park terbakar.

Permohonan Park untuk dipanggilkan ambulans, diacuhkan teman-temannya. Park menderita luka bakar tingkat tiga dari 40 persen tubuhnya, sementara para pelaku hanya mendapat hukuman percobaan. Uang perawatan Park pun jauh lebih besar dari ganti rugi yang diberikan.

Hingga kini, keluarga Park masih mencari keadilan dengan mengajukan gugatan.

4 dari 4 halaman

Kemarahan Warganet

Warganet Korea mengutarakan kemarahannya atas perundungan ini, sekaligus juga tak habis pikir dengan hukuman ringan yang diberikan kepada pelaku.

“Makin hari makin mengerikan,” kata seorang warganet.

“Aku kaget sekali karena adegan perundungannya berdasarkan kejadian nyata,” kata yang lain.

Kim Eun Sook sang penulis naskah belum mengonfirmasi bahwa kedua kejadian ini menjadi inspirasi baginya dalam menulis The Glory. Namun dalam penulisan cerita, ia melakukan riset dengan membaca tulisan dari para penyintas perundungan. Salah satu hal yang menarik perhatiannya, para penyintas tak menuntut kompensasi materi, melainkan meminta permohonan maaf secara tulus dari pelaku.

"Aku menyadari bahwa yang dicari bukan untuk memperoleh tapi mendapatkan kembali. Karena saat kekerasan terjadi, korban kehilangan hal-hal yang tak terlihat, seperti martabat dan harga diri,” kata dia dalam konferensi pers drakor ini, diwartakan Soompi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • Song Hye Gyo merupakan artis asal Korea Selatan. Artis ini populer sejak bermain dalam serial drama “Auntumn in My Heart” pada Tahun 2000
    Song Hye Kyo merupakan artis asal Korea Selatan. Artis ini populer sejak bermain dalam serial drama “Auntumn in My Heart” pada Tahun 2000

    Song Hye Kyo

  • The Glory

  • Berita Terkini