Sukses

Film Mencuri Raden Saleh Tayang di Netflix, Ini Deretan Penghargaan yang Dicapai

Mencuri Raden Saleh yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini mendapatkan banyak sambutan positif dari sebagian besar penonton serta para pengamat film Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Film Mencuri Raden Saleh kini telah tayang di platform Netflix setelah pada Agustus 2022 lalu tiba di bioskop Tanah Air. Tentunya, film ini masih tergolong langka di Indonesia mengingat genrenya adalah drama heist alias drama pencurian.

Namun begitu, Mencuri Raden Saleh yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini mendapatkan banyak sambutan positif dari sebagian besar penonton serta para pengamat film Tanah Air.

Bahkan jika kita telusuri lebih mendalam, Mencuri Raden Saleh sempat dinominasikan dan telah mendapatkan beberapa piala di ajang penghargaan film bergengsi.

Mencuri Raden Saleh berkisah tentang enam orang muda yang terpaksa berkomplot mencuri lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh di Istana Presiden untuk kepentingan mendesak masing-masing. Ternyata rencana mereka tak berjalan dengan semestinya.

Lantas, penghargaan apa saja yang telah dicapai oleh film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, dan Aghniny Haque ini baik itu sekadar nominasi maupun peraihan piala? Berikut deretannya, melansir berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Festival Film Bandung

Film yang telah mencuri perhatian dua juta penonton lebih di bioskop ini, memborong lima nominasi di Festival Film Bandung (FFB), yakni Film, Sutradara, Penata Kamera, Pemeran Pembantu Pria, dan Penata Editing Terpuji Film Bioskop.

Namun begitu, hanya satu nominasi yang dimenangkan oleh Mencuri Raden Saleh di Festival Film Bandung 2022, yakni Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop yang diberikan kepada Umay Shahab sebagai Gofar.

3 dari 5 halaman

Festival Film Indonesia

Pada ajang Festival Film Indonesia kemarin, rupanya Mencuri Raden Saleh masuk berbagai nominasi. Deretannya adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Aktris Terfavorit Pilihan Penonton, dan Film Terfavorit Pilihan Penonton.

Sayangnya, tak ada piala yang diraih film ini melalui penjurian. Namun begitu, para penonton tetap mengapresiasinya dengan memberi suara hingga film ini mendapat piala kategori Aktris Terfavorit Pilihan Penonton (Aghniny Haque), dan Film Terfavorit Pilihan Penonton.

4 dari 5 halaman

Kemenangan di Dua Ajang

Selain kedua ajang besar itu, Mencuri Raden Saleh juga memenangkan piala dari Indonesian Movie Actors Awards untuk Film Terfavorit dan Jakarta Film Week untuk Direction Award.

Mencuri Raden Saleh juga dinominasikan dalam ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival untuk penghargaan JAFF Indonesian Screen Awards.

5 dari 5 halaman

Masuk 10 Besar

Berdasarkan data filmindonesia.or.id, penjualan tiket Mencuri Raden Saleh sepanjang tahun lalu sejak 25 Agustus 2022 hingga September, telah mencapai angka 2.350.741

Film yang juga dibintangi Rachel Amanda, Umay Shahab, dan Ari Irham itu bertengger di posisi ke-7 tangga box office Indonesia.

Tiga film laris yang dilangkahi Mencuri Raden Saleh per September 2022 adalah Kuntilanak 3, The Doll 3, dan Miracle In Cell No. 7 yang kala itu berada di 10 besar bersama 1,1 juta penonton lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.