Sukses

Nama Baim Wong Dicatut Kasus Penipuan Berkedok Giveaway Lagi, Korban Diimbau Kirim Bukti Untuk Polisi

Mengawali 2023, Baim Wong mengabarkan sejumlah kasus penipuan berkedok giveaway yang mencatut namanya. Ia minta korban kirim bukti via DM.

Liputan6.com, Jakarta Tahun boleh berganti namun motif penipuan dengan mencatut nama Baim Wong masih itu-itu saja, yakni berkedok giveaway. Calon korban diminta menghubungi nomor kontak WhatsApp yang disebar via medsos atau pesan berantai.

Setelah menghubungi, calon korban biasanya akan diminta mentransfer sejumlah uang sebelum mendapat giveaway Baim Wong. Awal 2023, penipuan macam ini marak lagi dan bikin suami Paula Verhoeven kesal.

Senin (2/1/2023), Baim Wong mengunggah sejumlah tangkapan layar dari pesan WhatsApp maupun status teks di Facebook berisi penipuan berkedok giveaway di akun Instagram terverifikasi.

Nama saya trus yg dipakai untuk menipu orang. Kadang sudah berkali2 saya ingatkan jangan percaya tapi masih banyak juga yang ketipu,” cuit Baim Wong bersama unggahan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah 3 Tahun

Sudah 3 tahun. Sekarang di awal tahun 2023 awal sudah beberapa teman saya melaporkan ini dan ini trus berkelanjutan,” ayah Kiano Tiger Wong menjelaskan duduk perkara kasus penipuan.

Salah satu contoh penipuan dilampirkan Baim Wong, yakni berupa status teks Facebook akun Fudly Croot yang mengaku menang giveaway berupa uang tunai. Ia tak menyebut nominal hadiah.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hadiah Giveaway

Assalamualaikum. Terima kasih Mas Baim Wong dan juga adminnya sudah mencarikan hadiah giveaway saya. Senang banget enggak nyangka kirain hoaks ternyata asli benaran dapat. Terima kasih Mas Baim Wong saya sudah tarik tunai uang hadiahnya,” ocehnya.

Akun tersebut mengaku akan menggunakan uang giveaway Baim Wong sebagai modal usaha dan membantu orangtua. Ia pun membagikan nomor WhatsApp tim admin Baim Wong secara cuma-cuma di Facebook. Patut diduga nomor tersebut palsu.

 

4 dari 4 halaman

DM Kirim Bukti

Merespons maraknya kasus penipuan berkedok giveaway, Baim Wong meminta calon korban mengirim bukti tindak kejahatan lewat direct message atau pesan langsung di Instagram. Bukti itu nantinya akan dibawa ke polisi.

Sekarang gini buat yg sudah tertipu tolong dm saya beserta bukti2nya. Saya akan bantu lapor polisi. Kita sama2 coba tangkap mereka. Semoga uang kalian kembali,” Baim Wong mengimbau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.