Sukses

Avatar: The Way of Water Kumpulkan Rp 15,6 Triliun Cuma dalam 2 Minggu

Sutradara James Cameron sendiri mengakui bahwa Avatar: The Way of Water adalah film yang kelewat mahal.

Liputan6.com, Jakarta Penantian penggemar atas kehadiran Avatar: The Way of Water selama satu dekade lebih langsung disambut gegap gempita begitu film ini dirilis pada pertengahan Desember 2022. Salah satu buktinya adalah dari pendapatan box office film ini.

Dilansir dari People, Kamis (29/12/2022), dalam waktu dua minggu film yang dibintangi Sam Worthington dan Zoe Saldana ini sudah meraup pendapatan fenomenal dari seluruh dunia: satu miliar dolar AS. Bila dikonversikan dengan kurs saat ini, angkanya tak kurang dari Rp15,6 triliun.

Pada tahun ini, hanya ada dua film lain yang sudah mencapai angka semiliar dolar. Keduanya adalah Top Gun: Maverick dan Jurassic World Dominion.

Sebagai perbandingan, Avatar pertama mengumpulkan pendapatan kotor sekitar 2,92 miliar dolar AS dari seluruh dunia, menurut Box Office Mojo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelewat Mahal

Sutradara James Cameron sendiri pernah mengungkap dalam wawancara GQ, bahwa produksi sekuel Avatar ini sangat mahal. Saking mahalnya, ia bahkan berujar film ini “"very f***ing" expensive to make.”

Setengah bercanda, ia mengatakan Avatar 2 adalah "kasus terburuk" dalam bisnis perfilman. “Harus bisa masuk di posisi ketiga atau keempat film dengan pendapatan kotor terbesar dalam sejarah. Itu batasannya. Baru impas,” kata James Cameron dalam wawancara.

3 dari 4 halaman

Sempat Khawatir

Karena pertaruhan yang begitu besar, tak heran bila pada akhir tahun lalu James Cameron sempat harap-harap cemas. Pasalnya dunia tengah dilanda ketidakpastian karena pandemi yang berkepanjangan.

“Masalah besarnya adalah: Apa kami nanti bisa menghasilkan uang? Film kolosal dan mahal harus menghasilkan banyak uang,” tuturnya kepada Entertainment Weekly.

4 dari 4 halaman

Sinopsis Avatar: The Way of Water

Sekuel Avatar sendiri berpusat kepada keluarga Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana), dan anaknya yang jadi buruan Quaritch (Stephen Lang).

Saat melakukan gerilya, salah satu anak angkat Jake dan Neytiri yakni Spider diculik oleh Quaritch. Khawatir informasi mengenai keluarganya dibocorkan karena hubungan antara Spider dan Quaritch, Jake membawa keluarganya mengungsi ke Metkayina yang berada di daerah pesisir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.