Sukses

Diabetes Suti Karno Menjalar ke Jantung, Picu Penyumbatan Pembuluh Darah Hingga Pasang Ring Tahun 2015

Rekaman wawancara pada 2017 mengungkap penyakit diabetes yang menjangkiti Suti Karno menjalar ke jantung dan memicu penyempitan pembuluh darah.

Liputan6.com, Jakarta Keputusan dramatis dibuat Suti Karno demi melawan penyakit diabetes yang menderanya selama bertahun-tahun. Kali ini, ia menempuh amputasi kaki dan hidup bersama kaki palsu dan sesekali pakai kursi roda.

Rekaman wawancara jurnalis Showbiz Liputan6.com dengan Suti Karno di Jakarta Pusat, pada awal 2017, menguak sejumlah romantika bintang sinetron Si Doel Anak Sekolahan melawan diabetes kering.

Akibat diabetes, awal 2017, ia menempuh operasi besar setelah mendapati 11 benjolan di ketiak. Dua tahun sebelumnya, Suti Karno dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi akibat serangan jantung.

Pemeriksaan medis kala itu menyebut, Suti Karno mengalami penyempitan pembuluh darah jantung yang mengharuskan pemeran Atun memasang dua ring. Serangan jantung ini rupanya salah satu dampak diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jantung Bermasalah

“Penyempitan pembuluh darah jantung itu masih ada kaitannya dengan diabetes. Penyakit diabetes rupanya menjalar ke jantung,” kata Suti Karno yang menyebut serangan jantung berdampak besar dalam hidupnya.

“Sejak jantung bermasalah, saya tidak lagi mendampingi Mas Rano (Karno) ke berbagai acara. Jadwal Mas Rano saya pegang namun saya urus dari rumah,” pemeran Atun menambahkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pernah Bobot Turun 12 Kg

Tak hanya mengubah ritme kerja, rekaman wawancara ini juga mengungkap dampak lain dari pemasangan ring jantung, yakni penurunan berat badan. Kala itu, bobotnya susut belasan kilogram.

“Dulu, berat badan saya 81 kg. Sekarang ini turuin sekitar 12 kg menjadi 69 kg. Saya hanya ingin diberkati Allah dengan kesehatan dan panjang umur,” Suti Karno menambahkan.

4 dari 4 halaman

Keinginan Sendiri

Jauh di lubuk hati, ia ingin melihat anak-anaknya sukses. Diberitakan sebelumnya, Suti Karno berjuang melawan diabetes selama sekitar 18 tahun. Amputasi kaki adalah murni keputusannya sendiri.

“Diamputasi sebetulnya keputusan saya lo, bukan dokter. Karena kan merambat luka saya, pembuluh darah saya sudah rusak yang bagian atas. Jadi saya bilang kenapa enggak potong saja,” ujarnya saat jadi bintang tamu program Rumpi No Secret Trans TV, baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.