Sukses

Riwayat Kesehatan Suti Karno: Ada 11 Benjolan di Ketiak pada Tahun 2017 akibat Penyakit Diabetes Kering

Rekam jejak kesehatan Suti Karno disorot publik usai kakinya diamputasi akibat diabetes kering. Rekaman wawancara pada 2017 menguak fakta mengejutkan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kaki Suti Karno diamputasi akibat mengidap penyakit diabetes kering. Riwayat kesehatan adik Rano Karno itu lantas ditelusuri publik. Dalam rekaman wawancara dengan jurnalis Showbiz Liputan6.com di Jakarta, pada 2017, terungkap sejumlah fakta mengejutkan.

Januari 2017, Suti Karno mendapati 11 benjolan di ketiaknya. Suti Karno merinci, 4 benjolan di ketiak kiri dan 7 lainnya berada di sisi kanan. Kala itu, bintang sinetron Si Doel Anak Sekolahan syok berat.

Suti Karno yang mengidap diabetes khawatir daging tumbuh ini adalah tumor. Tak mau terjadi sesuatu yang buruk, ia bergegas ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan medis ke dokter kulit.

“Saya mengonsumsi obat dari dokter namun benjolan-benjolan itu tidak kunjung pecah. Beberapa hari kemudian, tiga benjolan pecah. Tiga benjolan yang pecah itu menyatu kemudian membengkak,” kata Suti Karno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saya Ketakutan

Kalut melihat benjolan-benjolan yang pecah malah bengkak, Suti Karno sampai bertanya kepada Tuhan bagaimana jika ini benar tumor. Bagaimana menanganinya agar tak menjelma kanker.

“Kali pertama mendapati benjolan pada ketiak, saya ketakutan. Yang terlintas di pikiran saya, tumor. Kalau sampai itu terjadi, bagaimana ya Allah? Sahabat saya yang ibunya juga kena diabetes memberi tahu: Jangan diutak-atik sendiri. Lebih baik dibawa ke dokter,” kenangnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jenis Benjolan

“Dokter lalu memeriksa jenis benjolan itu lalu melakukan pemeriksaan biopsi. Hasilnya alhamdulillah, bukan tumor,” ungkap Suti Karno lalu menjelaskan, 11 benjolan itu efek samping penyakit diabetes yang diidapnya selama bertahun-tahun.

Suti Karno mengutip penjelasan dokter, bahwa diabetes melahirkan sejumlah penyakit sampingan. Dalam kasus Suti Karno, virus kulit yang berpotensi menyebar ke pembuluh darah. Agar tak menyebar ke pembuluh darah, ia pun menempuh operasi besar.

 

4 dari 4 halaman

Benjolan Dikorek 2 Cm

“Benjolan-benjolan itu dikorek sedalam 2 cm. Isi benjolan kemudian dikeluarkan agar tidak mengimpit dan mencederai pembuluh darah,” terang putri pasangan Soekarno M. Noer dan Istiarti.

“Pascaoperasi, kondisi ketiak saya terus dipantau (tim dokter), diobservasi mengingat saya punya riwayat diabetes dan penyakit jantung,” pungkas Suti Karno seraya berharap senantiasa sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.