Sukses

Irang Eks BIP Meriahkan Bedah Musik Kebangsaan di Bali, Bawakan Lagu dari Album Nyanyian Rumah Indonesia

Irang Arkad eks BIP menjadi bagian dalam program membangkitkan semangat kebangsaan pada generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP bekerja sama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care kembali menggelar acara bertajuk Bedah Musik Kebangsaan.

Kali ini, acara tersebut digelar di Gedung Serba Guna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana pada 15 November 2022. Sejumlah penyanyi dan musisi tampil dalam acara tersebut, yakni Irang eks BIP, Agushafi, Conrad Good Vibration dan Nova Rianty.

Mantan vokalis BIP, Irang Arkad, membawakan lagu-lagu yang berada di dalam album Nyanyian Rumah Indonesia. Lagu tersebut meliputi "Anak Negeri", "Garuda", "Rayuan Pulau Kelapa", "Bangun Pemudi Pemuda", "Tanah Airku", "Indonesia Pusaka", "Sempurnaku Disini" dan "Indonesia Rumah Kita".

Selain itu, talkshow bertema musik kebangsaan juga dihadirkan dengan pembicara Elfrida Herawati Siregar (Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama), Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana), Agushafi (Artis album Nyanyian Rumah Indonesia).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosialisasi Pancasila Melalui Musik

Direktur Sosialisasi dan Komunikasi, M. Akbar Hadiprabowo, S.H.,M.H. mewakili kepala BPIP, membuka acara Bedah Musik Kebangsaan. 

Hadir dalam acara tersebut, Dr. Putu Saroyini Piartrini , SE.,MM.,Ak. selaku Ketua Pusat Pengkajian Pancasila Universitas Udayana mewakili Rektor Universitas Udayana.

"Sosialisasi Pancasila melalui Bedah Musik Kebangsaan merupakan salah satu cara terkini karena musik bisa diterima semua kalangan," kata Direktur Sosialisasi dan Komunikasi, M. Akbar Hadiprabowo, S.H.,M.H. mewakili kepala BPIP.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Dihadiri 300 Mahasiswa

Acara yang digelar secara offline dengan peserta 300 orang mahasiswa Universitas Udayana dan live streaming di kanal youtube BPIP RI. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19. 

Dasar pemikiran dari kegiatan ini adalah, musik merupakan instrumen universal yang sangat efektif dijadikan alat penyampaian pesan, bahkan lebih dari itu, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Lokasi Kelima

Pulau Bali menjadi lokasi kelima dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda melalui media musik ini. 

"Halo Bali, ayo ramaikan acara Bedah Musik Kebangsaan: Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Lewat Musik di Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Melalui Musik Kebangsaan Kita Kobarkan Semangat PANCASILA," tulis Irang Arkad melalui akun Instagramnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.