Sukses

YouTuber Indrawan Nugroho Bocorkan Konsep Innovation Heroes 2023, 15 Nomine Dipilih Lewat Seleksi Ketat

Tokoh publik dan YouTuber kondang Indrawan Nugroho membocorkan konsep ajang Innovation Heroes 2023 yang akan digelar di Jakarta, Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta Tokoh publik dan YouTuber Indrawan Nugroho membocorkan konsep ajang Innovation Heroes 2023 yang akan digelar di Jakarta, Januari 2023. Penghargaan ini setidaknya punya dua tujuan. Pertama, meng-acknowledge para nomine agar menginspirasi orang lain.

Kedua, mendongkrak inovasi dan inisiatif mereka sehingga tak hanya dimanfaatkan di level daerah tapi juga nasional. Innovation Heroes 2023 bukan kompetisi melainkan murni bentuk apreasiasi kepada anak bangsa yang berkontribusi lewat solusi inovatif.

“Januari 2023, insyaallah kita kumpulkan para nomine. Ada 15 nomine yang sudah dipilih dari sekian ratus yang dinominasikan orang lain atau menominasikan diri sendiri. Kita seleksi yang memenuhi kriteria, akhirnya tersisa 15. Mereka akan kita undang ke Jakarta,” katanya.

Para nomine punya latar belakang berbeda. Ada ibu rumah tangga, mahasiswa, profesor, pengusaha hingga pekerja profesional di perusahaan ternama. Dari 15 nomine itu, akan dipilih kembali, yang berhak mendapat anugerah Innovation Heroes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembinaan Berkelanjutan

“Setelah diumumkan pada Januari 2023, para heroes akan mendapat support pembinaan berkelanjutan. Ada pelatihan inovasi, mentoring dari jejaring Indonesia Forum dan lain-lain,” ujar Indrawan Nugroho kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

YouTuber dengan 800 ribuan pengikut ini menerangkan Innovation Heroes 2023 digelar Indonesia Forum bekerja sama dengan Corporate Innovation Asia. Indrawan Nugroho lantas terkenang video konten yang dibuatnya awal tahun ini, bertema Indonesia darurat inovasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Seram Banget!

“Seram banget kalau kita lihat global innovation index dan competitiveness index itu (kita) jauh banget ketinggalan dengan negara tetangga,” akunya lalu menambahkan, “Saya sering main dan gaul ketemu anak-anak muda di pelosok negeri, melihat langsung betapa mereka luar biasa.”

Indonesia sejatinya tak kekurangan inovator. Hanya, mereka tak kelihatan. Tenggelam dalam kerumuman. Innovation Heroes 2023 diharapkan bisa menyorot anak-anak muda di pelosok Tanah Air yang benar berkontribusi untuk negara, agar inovasi mereka muncul ke permukaan.

 

4 dari 4 halaman

Bagian Dari Solusi

“Maka kita jadi terpanggil bagaimana membuat anak-anak muda, orang-orang di luar sana yang telah nyata jadi inovator. Inovator tuh apa sih? Orang-orang yang bisa menyelesaikan sebuah masalah dengan cara baru atau berbeda,” Indrawan Nugroho membeberkan.

Ketua Yayasan Indonesia Forum, Prof. Bambang Brodjonegoro, menyebut, Innovation Heroes 2023 mengusung semangat “Semua bisa berinovasi.” Ajang ini didasari spirit inklusivitas. Inovasi bukan hanya milik orang kampus, laboratorium, tim riset dan pengembangan.

“Siapapun kita, apapun latar belakangnya, apapun profesinya, di mana pun hidup dan bekerjanya, selama berkeinginan menjadi bagian dari solusi negeri ini, maka mereka bisa berinovasi,” cetus Bambang Brodjonegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.