Sukses

Trailer Film Oppenheimer Sajikan Teror Psikologis Selama Bom Atom Diciptakan

Tokoh mendiang fisikawan ternama dunia, J. Robert Oppenheimer, dimainkan secara apik oleh Cillian Murphy seperti terlihat dalam trailer film Oppenheimer.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lama disuguhi sejumlah poster, akhirnya adegan-adegan dalam film Oppenheimer karya sineas Hollywood Christopher Nolan, telah ditampilkan dalam format video trailer oleh Universal Pictures. Melihat sejumlah cuplikan film dalam trailer perdana ini, nuansa yang dikemas penuh dengan perasaan mencekam dan waswas.

Karakter utamanya, tokoh mendiang fisikawan ternama dunia, J. Robert Oppenheimer, dimainkan secara apik oleh Cillian Murphy. Tampak Murphy berhasil menghidupkan karakter Oppenheimer yang mendapat tekanan bahkan teror psikologis selama bom atom diciptakan.

Ekspresi Cillian Murphy yang juga dikenal sebagai Thomas Shelby di Peaky Blinders, sudah cukup menggambarkan betapa bahayanya bom atom. Ketakutannya itu pun kini sudah terbukti, dengan banyaknya nyawa yang terenggut, terutama detik-detik jelang berakhirnya perang dunia kedua.

"Kami membayangkan masa depan, dan imajinasi kami membuat kami takut. Mereka tidak akan takut hingga mereka memahaminya. Dan mereka tak akan mengerti sampai mereka menggunakannya," kata Cillian Murphy membuka trailer film Oppenheimer sebagai Robert Oppenheimer, diunggah Universal Pictures Senin (19/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gambaran Atom

Tampak dalam trailer ini, Christopher Nolan berusaha sebaik mungkin untuk menampilkan adegan rekayasa yang menggambarkan atom-atom membentuk menjadi sebuah daya ledak.

Selain adegan tersebut, diselipkan juga pemasangan bom atom ke dalam wadaha seperti rudal yang akhirnya dilepaskan oleh pihak Amerika Serikat dan para sekutu di perang dunia kedua.

Tak hanya menampilkan ekspresi mencekam, Cillian Murphy juga berusaha memperlihatkan ekspresi emosional dari seorang Oppenheimer atas ketakutannya terhadap bom atom ciptaan timnya.

 

3 dari 4 halaman

Sinopsisnya

Film Oppenheimer menyorot kehidupan seorang tokoh fisikawan teoretis bernama J. Robert Oppenheimer (1904-1967) selama ia menjadi direktur Laboratorium Los Alamos yang memegang kuasa penuh atas Manhattan Project, sebuah penelitian dan pengembangan selama Perang Dunia II yang menghasilkan senjata nuklir pertama.

Selain itu, film ini juga turut menampilkan kontribusi Oppenheimer hingga akhirnya terciptalah bom atom. Dalam sejarahnya, bom atom hasil proyek ini salah satunya diterjunkan ke Hiroshima and Nagasaki, Jepang, hingga akhirnya Jepang mundur dan menyerah.

 

4 dari 4 halaman

Adaptasi Buku dan Pemain Lain

Film Oppenheimer merupakan adaptasi buku biografi J. Robert Oppenheimer berjudul "American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer" karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang berhasil meraih penghargaan bergengsi Pulitzer Prize.

Disutradarai dan ditulis Christopher Nolan, film yang turut diproduserinya bersama Emma Thomas dan Charles Roven ini juga melibatkan bintang ternama selain Cillian Murphy, yaitu Emily Blunt, Robert Downey Jr., Matt Damon, Rami Malek, Florence Pugh, hingga Kenneth Branagh.

Rencananya, Oppenheimer yang syutingnya menggunakan kamera IMAX ini akan tiba di bioskop pada 21 Juli 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.