Sukses

Nia Ramadhani Kisahkan Masa Kelam Terjerat Narkoba hingga Berhasil Bangkit lewat Novel berjudul Cerita Ade

Nia Ramadhani menuangkan segala cerita kehidupannya lewat sebuah novel berjudul Cerita Ade.

Liputan6.com, Jakarta Nia Ramadhani sempat terjerat di dalam lembah hitam Narkoba. Seperti diketahui, Nia Ramadhani harus menghadapi kasus hukum karena narkoba pada tahun lalu.

Nia Ramadhani kemudian menjalani rehabilitasi selama kurang lebih 10 bulan. Tidak banyak yang tahu bahwa Nia Ramadhani rupanya sempat merasa begitu terpuruk.

Dalam masa-masa tersebut, istri Ardi Bakrie itu tak berhenti menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang ia perbuat.

"Aku di sana selama 10 bulan. Tapi, aku menutup diri, aku untuk belajar itu sekitar dua setengah bulan. Itu saya nangis, ngata-ngatain diri sendiri. Tapi ya itulah, memang kita harus melewati itu," kata Nia Ramadhani saat menggelar meet and greet di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (10/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelajaran

Nia Ramadhani kemudian menuangkan segala pengalamannya itu lewat sebuah novel berjudul Cerita Ade. Novel tersebut berisi cerita tentang perjalanan hidup Nia Ramadhani sejak kecil hingga mengalami jatuh bangun kehidupannya.

Untuk diketahui, "Ade" sendiri adalah sapaan akrab Nia Ramadhani di lingkungan keluarganya.

"Ini perjalanan seorang tokoh Ade dari masa kecil sampai dengan besar, banyak pelajaran yang bisa diambil bukan hanya dari kebaikan tapi juga dari kesalahan yang dia lakukan, mungkin bisa kita pelajari," kata Nia Ramadhani.

3 dari 4 halaman

Berbagi Hikmah

Nia Ramadhani merasa bahwa banyak pelajaran yang bisa dipetik dari masalah yang ia hadapi, tak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga bagi masyarakat.

"Karena pada saat saya direhabilitas dan di akhir tulisan aku di panti rehabilitasi tuh kejadian ini sangat besar buat aku. Hikmahnya sudah aku dapatkan untuk diri aku sendiri, kenapa tidak kalau misalkan ada kesempatan buat aku membagikan cerita itu ke orang," kata Nia Ramadhani lagi.

"Setelah kejadian aku setahun lalu itu, prioritas aku sudah tidak lagi untuk dunia, prioritas aku untuk menyenangkan Tuhan. Kan Tuhan tuh memberikan ujian bukan asal kasih, pasti ada maksud di balik itu. Mungkin saja di sini saya diberikan kesempatan oleh Allah untuk bisa memberikan hikmah ke orang lain," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Pidi Baiq

Di novel ini, Nia Ramadhani juga dibantu oleh penulis Pidi Baiq sebagai penyunting novel. Dalam kesempatan yang sama, Pidi Baiq mengaku terkesan dengan cerita Nia Ramadhani. Bahkan, ia menyebut bahwa cerita Nia Ramadhani ini layak diangkat menjadi sebuah film.

"Aku sudah bilang langsung, dibikin film saja. Bukan bisa lagi ini, aku bilang ini harus diangkat jadi film," kata Pidi Baiq.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.