Sukses

Novel Jurnal Risa Diangkat Jadi Serial, Kemiripan Kisahnya Mencapai 80 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Novel laris karya Risa Saraswati, Jurnal Risa, diangkat menjadi serial yang akan tayang di Disney+ Hotstar. Serial ini ditulis oleh Baskoro Adi dan diarahkan oleh Awi Suryadi.

Diceritakan, sekelompok sepupu melakukan ritual terlarang saat liburan dan mengakibatkan salah satu dari mereka kerasukan. Dalam waktu terbatas, sepupu yang lain berupaya menyelamatkan saudaranya sebelum jiwanya hilang selamanya.

Cerita ini diilhami dari kisah nyata Risa dan para sepupu di masa kecil. Hal ini disampaikan olehnya dalam sesi roundtable interview bersama Showbiz Liputan6.com di Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (1/12/2022).

"Iya aku mengalami, cuma mungkin lebih ke setting-nya karena di kehidupan pribadi aku enggak seseram yang ada di series ini. Setting-nya pastinya lebih keren," Risa Saraswati menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemiripan

Risa Saraswati pun mengungkap kemiripan versi novel dengan serialnya. Menurut wanita berhijab ini, presentase kesamaannya sangatlah tinggi, yaitu mencapai 80 persen.

"Karena 20 persennya gimana caranya bikin ini jadi sesuatu yang menarik, karena karya yang berbeda. Dari novel diangkat ke film pasti ada sesuatu yang ditambahkan, dibuat lebih menarik dan saya setuju dengan itu," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Penulisan Naskah

Sang penulis skenario juga sempat berdiskusi dengan Risa dalam proses pembuatannya. "Aku lebih terlibat ke editing untuk naskah, jadi selalu dari film-film terdahulunya, aku disodorin naskahnya, aku setuju atau enggak. Ada koreksi beberapa dan deal," ia menuturkan.

Tak hanya memonitor penulisan naskah, Risa Saraswati juga ikut andil dalam pemilihan pemain. Menurutnya, karakter para pemain dalam serial ini sangat mirip dengan dia dan para sepupunya.

4 dari 4 halaman

Pemilihan Pemain

"Untuk pemilihan karakter sebelumnya aku ditunjuki foto-fotonya tapi yang lebih intens ketemu sama mereka, ngobrol langsung dan oke, visinya sama," paparnya.

"Karakternya juga memang dicari yang mirip banget. Aku puas banget. Dan aku kenal sama anak-anak itu, bahkan anak-anak Jurnal Risa juga sudah ngobrol dengan mereka, pendalaman karakternya," imbuhnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS