Sukses

RM BTS Merasa Berutang Budi pada Yun Hyong Keun, Seniman yang Jadi Inspirasi di Album Indigo

Liputan6.com, Seoul - RM BTS baru saja merilis album barunya yang bertajuk Indigo. Dalam rangka promosi karya solonya ini, sang leader BTS juga berbicara dengan sejumlah media mengenai Indigo, termasuk soalsumber inspirasinya.

Dari sini, muncul satu nama: Yun Hyong Keun. Ia adalah seorang seniman Korea yang dikenal lekat dalam aliran Dansaekhwa—yang kerap diartikan sebagai seni lukisan monokrom.

Dilansir dari Koreaboo, Sabtu (3/12/2022), RM bahkan mengatakan bahwa ia merasa berutang budi kepada sang seniman, dan karena itu ingin memperkenalkannya secara lebih luas kepada publik.

Tak heran, dalam album Indigo dimuat sejumlah referensi tentang Yun Hyong Keun. Sampul albumnya misalnya, membuat karya sang seniman. Salah satu lagunya bahkan bertajuk “Yun.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kagum

RM juga sangat menghormati Yun Hyong Keun yang hidup pada masa-masa sulit. Meski berada dalam kondisi politik yang gonjang-ganjing, bahkan beberapa kali dipenjara, Yun masih tetap berkarya.

“Pada saat itu, orang kelaparan. Memang ada seni, tetapi kebanyakan orang [fokus untuk mendapat] makanan dan bertahan hidup… Saya tidak pernah bisa membayangkan bagaimana mereka bisa memikirkan seni pada saat itu–dengan  perang, perselisihan, politik. Itu sebabnya saya sangat menghormatinya. Ia tidak pernah tunduk pada hal-hal buruk yang terjadi,” kata dia kepada NME.

3 dari 4 halaman

Indigo yang Penuh Kolaborasi

Sementara itu dalam Indigo, RM mengajak sejumlah nama kondang untuk menjadi kolaborator dalam karya terbarunya ini. Mereka antara lain adalah Erykah Badu, Anderson .Paak, Tablo, Kim Sawol, Paul Blanco, Mahalia, Colde, dan lainnya.

Title track dalam album ini yang bertajuk “Wild Flower” juga menampilkan satu artis lain yakni Cho Youjeen. Wanita ini adalah vokalis dari band rock Cherry Filter.

4 dari 4 halaman

Rajai iTunes

Setelah karya anyarnya ini rilis, RM langsung mendominasi tangga lagu dunia, terutama iTunes. Pada 3 Desember, lagu “Wild Flower” menempati peringkat nomor 1 iTunes Top Songs charts di setidaknya 87 wilayah. Termasuk di Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, dan lainnya.

Sementara album Indigo meraih posisi pertama di chart album iTunes di setidaknya 67 negara.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS