Sukses

7 Artis Indonesia Perankan Pahlawan di Film Indonesia, Ada Christine Hakim hingga Tika Bravani

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Pada 10 November dipilih untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Meski bukan hari libur, tanggal ini diperingati sebagai hari nasional sesuai dengan Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Indonesia memiliki sejumlah pejuang kemerdekaan yang kemudian mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional. Perjuangan para pahlawan lazim diceritakan lewat pelajaran di sekolah. Selain itu, kisah hidup beberapa pahlawan diangkat dalam film Indonesia.

Tentu bukan perkara mudah membuat film yang mengangkat kisah pahlawan nasional. Selain set dan kostum yang mahal lantaran harus menciptakan atmosfer masa lalu, diperlukan riset yang mendalam terkait fakta yang terjadi kala itu.

Beban yang paling berat tentu diemban oleh sang aktor atau aktris utama. Merupakan suatu tantangan sekaligus tanggung jawab saat berakting jadi pahlawan yang banyak berjasa untuk bangsa ini. Berikut 7 artis Indonesia yang pernah memerankan tokoh Pahlawan Nasional, dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Ario Bayu

Ario Bayu menjadi pemeran utama film Soekarno yang rilis di bioskop pada 2013. Ia memerankan Ir. Soekarno, Pahlawan Proklamator yang juga presiden pertama RI. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

3 dari 8 halaman

Tika Bravani

Ario Bayu dipasangkan dengan Tika Bravani yang memerankan karakter Fatmawati dalam film Soekarno. Fatmawati adalah istri Ir Soekarno, yang mendapat gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2000. Atas perannya ini, Tika meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Pembantu Wanita Terbaik dalam ajang FFI 2014.

4 dari 8 halaman

Dian Sastrowardoyo

Aktris Dian Sastrowardoyo dipercaya memerankan RA Kartini dalam film berjudul Kartini yang rilis 2017. Kartini dikenal sebagai pahlawan yang memperjuangkan pendidikan untuk kaum wanita di masa lampau. Hari Kartini juga diperingati di Indonesia setiap 21 April.

5 dari 8 halaman

Adipati Dolken

Aktor Adipati Dolken pernah memerankan Jenderal Soedirman dalam film berjudul sama yang rilis pada 2015. Film ini disutradarai oleh Viva Westi. Jenderal Soedirman mendapat gelar Pahlawan Nasional pada 1964, dikenal sebagai komandan Ketua Tentara Nasional Indonesia pada saat Revolusi Nasional sekaligus Kader Muhammadiyah

6 dari 8 halaman

Lukman Sardi

Aktor Lukman Sardi menjadi tokoh utama dalam film Sang Pencerah. Ia memerankan Ahmad Dahlan, yang dikenal sebagai pendiri Muhammadiyah.

7 dari 8 halaman

Christine Hakim

Aktris senior Christine Hakim pernah memerankan tokoh Cut Nyak Dhien dalam film Tjoet Nja' Dhien yang rilis 1988. Aktingnya yang penuh totalitas diganjar Piala Citra pada tahun 1988.

8 dari 8 halaman

Reza Rahadian

Reza Rahadian dipercaya berlakon sebagai Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang rilis pada 2015.  Reza juga pernah bermain sebagai Presiden RI ketiga, BJ. Habibie, dalam film Habibie & Ainun yang dibuat hingga tiga jilid.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS