Sukses

Erick Thohir Jalankan Pesan Jokowi Untuk Menggelar Gerakan Musik Antar Musisi Dunia Melalui M-20

Erick Thohir menjelaskan bahwa gerakan people to people movement dalam forum G-20 memberi kesempatan masyarakat antarnegara terlibat aktif

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi pesan kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk menggelar gerakan antar musisi dunia yang tergabung dalam Music 20 atau M-20.

Gerakan antar musisi melalui acara musik ini bakal mengawali forum G-20 yang bakal dilaksanakan di Bali pada 15 dan 16 November 2022. Dalam forum tersebut, ada gerakan antarkomunitas masyarakat dunia (people to people movement).

Gerakan people to people movement, kata Erick Thohir dalam forum G-20 memberi kesempatan masyarakat antarnegara terlibat aktif.

"Jika selama ini forum G-20 ini lekat dengan pertemuan antar elite pemerintahan sebuah negara, maka di forum G-20 Indonesia pertemuan lebih inklusif dengan melibatkan beragam kelompok yang salah satunya adalah musisi," kata Erick Thohir kepada pewarta, Selasa, 1 November 2022.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

M-20

Erick Thohir membeberkan alasan digelarnya M-20 dalam forum G-20. Acara itu, kata dia, dibuat agar masyarakat tetap dilibatkan dalam pertemuan yang menghadirkan kepala negara di seluruh dunia.

"Pembicaraan dengan Bapak Presiden (Jokowi) agar G-20 ini jangan hanya kepala negara-kepala negara yang isunya politik dan kadang-kadang masyarakat tertinggal dilibatkan," Erick Thohir mengungkapkan.

 

3 dari 4 halaman

People to People Movement

"Bapak presiden ingin diadakan people to people movement yakni gerakan dari masyarakat. Salah satunya saat itu kita sengaja berdiskusi sebagai orang yang senang musik, kenapa tidak membuat event juga di dalam G-20 itu Music 20 atau M-20," Erick Thohir menjelaskan.

Menurut Erick Thohir, M-20 adalah implementasi dari pesan Jokowi yang ingin ajang G-20 benar-benar memberi pesan efektif bagi masyarakat dunia.

 

4 dari 4 halaman

Diskusi dengan Tokoh Musik

Erick menjelaskan bahwa dirinya berdiskusi dengan tokoh musik seperti Tantowi Yahya, Chandra Darusman, dan Triawan Munaf.

Dari tokoh musik itulah diusulkan ide agar mengumpulkan musisi dunia dalam M-20. Musisi dunia itu akan membuat gerakan untuk menyuarakan isu terkait perkembangan global terkini.

Dua isu utama yang akan disuarakan adalah terkait perdamaian dan lingkungan hidup. Gerakan M-20 mengulang kesuksesan gerakan musisi era 1980-an yang sempat meluncurkan project bertajuk "We are the World."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.