Sukses

Chef Sudarius Tjahja Hingga Sueb Band Meriahkan Festival Sentra Primer Barat

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat terus berupaya mendorong, melestaraikan serta mempromosikan kawasan sentra primer Barat.

Liputan6.com, Jakarta Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat menggelar Festival Sentra Primer Barat yang dilaksanakan di Parkir Timur Puri Indah Mall pada tanggal 16-18 September 2022

Dalam konteks melestarikan kearifan lokal, Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat melibatkan UMKM bidang craft, fashion dan kuliner dari 8 kecamatan yaitu, Kec Kembangan, Kec Cengkareng, Kec Kalideres, Kec Tambora, Kec Kebon Jeruk, Kec Grogol Petamburan, Kec Taman Sari dan Kec Palmerah

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada pelaku UMKM dan mempromoasikan destinasi pariwisata yang ada di wilayah Jakarta Barat, serta meng-edukasi masyarakat mengenai keaneragaman yang ada di wilayah Jakarta Barat” ujar Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko di lokasi acara.

Di Festival Sentra Primer Barat masyakat bisa melihat keanekaragaman melalui pameran destinasi wisata produk ekraf unggulan dari 8 kecamatan, keragaman lewat kuliner, dan kopi-kopi unggulan dari Indonesia ada 15 stand craft dan fashion, 15 stand usaha kopi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembangan UMKM

Festival ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk melebarkan sayapnya agar lebih dikenal luas yang diharapkan dapat berdampak terhadap perkembangan usahanya yang sedang dirintis

Yani mengatakan, target yang ingin dicapai dari Festival Sentra Primer Barat ini tak hanya sekedar sebagai ajang bazar atau hiburan semata.

"Akan tetapi, acara ini dimaksudkan juga untuk menguatkan dan memotivasi peserta bazar untuk terus mengembangkan produk -produk khas Jakarta melalui usaha yang sedang dirintis, terutama pada masa pandemi," kata Yani.

 

3 dari 4 halaman

Chef Sudarius Tjahja

Untuk yang menekuni indutri kopi Festival Sentra Primer Barat juga mengadakan lomba manual brewing yang diikuti 48 peserta, selain itu ada juga lomba memasak yang diikuti 10 grup dan lomba dekorasi dan kreasi stand pameran antar kecamatan.

Selain itu ada juga penampilan dari Chef Sudarius Tjahja yakni seorang chef berpengalaman internaisonal dan pernah jadi chef profesional di berbagai hotel bintang dalam dan luar negeri.

Tidak ketinggalan workshop barista dari Raden Deril Juniar yakni seorang consultant coffee dan beverages berpengalaman, memegang sertifikasi naisonal dan menjuarai berbagai kejuaraan coffee.

 

4 dari 4 halaman

Sueb Band

Sementara ada juga pameran foto dan mural art serta penampilan pertunjukan kesenian tradisonal khas Jakarta dan modern. Sejumlah pengisi acara ada Tradahan, Sueb Band, Pasdar Ska, Gajak Gijik dan Sodok Band.

“Kehadiran masyarakat untuk memeriahkan acara Festival Sentra Primer Barat tentunya berdampak terhadap perkembangan ekonomi kreatif pelaku usaha UMKM. Sehingga acara ini diharapkan bisa memutar roda perekonomian warga,” tutup Yani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.