Sukses

Andika Mahesa Ungkap Alasan Umumkan Lulus Kuliah, Tak Ingin Dipandang Sebelah Mata

Andika Mahesa baru saja lulus dari Universitas Terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Andika Kangen Band sempat menghebohkan dengan unggahannya yang menyatakan baru saja lulus kuliah. Pemilik nama Andika Mahesa itu memang melanjutkan pendidikannya yang sempat tertunda karena kesibukannya bekerja sebagai seorang musisi. 

Lewat unggahan di akun Instagram, pria bernama asli Mahesa Andika Setiawan memperlihatkan foto saat mengenakan jas almamaternya. Andika diketahui memilih sebuah Universitas Terbuka di Lampung untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. 

Keputusan Andika melanjutkan pendidikan sebagai salah satu caranya memotivasi masyarakat bahwa tak pernah ada kata terlambat untuk melanjutkan pendidikan. Semua bisa dilakukan selama ada kemauan dan semangat untuk belajar.

"Saya ingin menjadi contoh bagaimana kemauan dan semangat bisa menghancurkan apa pun penghalang untuk belajar," kata Andika Kangen Band dikutip Dream, dalam unggahannya baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pintar

Menurut Andika kuliah bukan tentang menjadi pintar atau bangga dengan gelar yang akan diraih tapi bagaimana memperbaiki pola pikir.

"Ini tentang memperbaiki logika berpikir sekali lagi logika berpikir dan mengejawantahkannya dalam mengatasi persoalan hidup," tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Memilih

Pria 37 tahun ini menjelaskan alasan memilih Universitas Terbuka sebagai tempat melanjutkan perkuliahan karena kesempatan untuk berkuliah normal terasa sulit dilakukan. Hal yang sama dia yakini juga dialami banyak orang yang harus kuliah sambil bekerja.

"Jawabannya sederhana, bahwa saya dan banyak orang yang bernasib sama seperti saya, kami terkendala oleh tatap muka, terhalang dengan kehadiran fisik di kampus. Ingin menjadi mahasiswa dan meraih gelar sarjana tapi kami harus bekerja," kata Andika.

 

4 dari 4 halaman

Pamer

Sebelumnya Andika pamer ijazah kelulusannya di tingkat SMA. Andika lalu mengunggahnya di feed Instagram. Andika mengunggah foto-foto telah mendapatkan ijazah paket C setara SMA. 

Pria asal Lampung ini bersyukur perjuangan mendapatkan ijazah akhirnya tercapai. Menurutnya tidaklah mudah untuk mendapatkan ijazah ini.

"Bismillah. Alhamdulilah… Kelulusan sekolah adalah momentum yang tepat bagi kita untuk menyadari bahwa setiap perjuangan itu tidaklah mudah,"  kata Andika Kangen Band dikutip Dream dari akun Instagram-nya, Rabu 20 Juli 2022.

"Banggalah karena engkau sudah melewati proses, nikmati sejenak, dan setelah itu mari kita racik rencana untuk hari esok," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.