Sukses

Heboh Film Pengabdi Setan 2: Communion Dapat Petisi Flash Warning, Ini Isi Lengkap Petisinya

Liputan6.com, Jakarta - Pengabdi Setan 2 tengah merajai bioskop Tanah Air. Selasa (9/8/2022) siang, film karya Joko Anwar itu merangkul lebih dari 3 juta penonton dan akan terus bertambah.

Di tengah euforia ini, Pengabdi Setan 2: Communion mendapat petisi flash warning yang dibuat akun Cinefoxx ID. Petisi ini menyoroti penggunaan flashing lights atau lampu kelap-kelip.

Petisi ini diunggah di laman situs change.org pada 8 Agustus 2022 dan ditandatangani ratusan orang. Cinefoxx ID menjelaskan alasan mengapa Pengabdi Setan 2 penting menyuarakan flash warning.

Ia menulis, “Pada 4 Agustus 2022, Pengabdi Setan 2: Communion karya Joko Anwar telah ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia. Sebagai yang sudah menonton film ini, ia merasa film ini perlu menambahkan sebuah peringatan akan penggunaan flashing lights yang begitu banyak di dalam filmnya.”

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Flashing Lights

Cinefoxx ID mengulas, flashing lights berpotensi menimbulkan seizures (kejang-kejang) atau epilepsi bagi para penonton yang sensitif akan cahaya kelap-kelip (photosensitive viewers).

Saya sebagai orang yang tidak sensitif akan flashing lights merasa pusing pada saat menonton film ini (terutama klimaksnya yang menampilkan flashing lights dalam jumlah yang banyak),” Cinefoxx ID menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Langkah Preventif

Petisi ini bertujuan untuk memberitahu dan mengajak pihak studio dari Pengabdi Setan 2 (Rapi Films) beserta pihak perusahaan-perusahaan bioskop di Indonesia agar menambahkan flash warning pada Pengabdi Setan 2 di seluruh bioskop Indonesia.

Di mana peringatan ini bertujuan sebagai langkah preventif demi kenyamanan para penonton di dalam studio bioskop nanti,” pungkasnya. Petisi ini disambut positif warganet yang meninggalkan banyak komentar di laman tersebut.

4 dari 4 halaman

Pusing dan Mual

Sebagian orang akan merasa pusing & mual ketika Flashlight yang berkedip cepat ditambah kamera yang shaky. Oleh karena itu sebaiknya bioskop memberi trigger warning,” cuit akun Fadh**** di kolom komentar.

Mari lebih tegas lagi dalam memberikan tambahan peringatan flash lighting (cahaya kelap-kelip), terutama bagi para penderita epilepsi yg agak terganggu dengan efek cahaya yg berlebihan di film Pengabdi Setan 2. Semoga bisa tergubris,” Chand**** menyahut.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS