Sukses

Selebgram Bunyamin Wari Bocorkan Cara Jadi Seorang Photografer Landscape Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Dunia fotografi memiliki banyak sekali aliran atau genre. Setiap genre memiliki tantangan dan kesulitan masing-masing. Begitu pula aliran atau genre yang landscape photography.

Berbeda dengan foto model, fotografi landscape langsung berhadapan dengan alam. Jika model dapat diarahkan oleh fotografer, keadaan alam justru menjadi tantangan tersendiri. Hal inilah yang dirasakan oleh selebgram sekaligus photografer landscape Indonesia, Bunyamin Wari.

Beny sapaan akrab Bunyamin telah berkali-kali merasakan perubahan alam yang mendadak. Mulai dari cuaca yang sorenya dingin tetapi keesokan harinya terik, angin yang tiba-tiba datang hingga air yang ketinggiannya mendadak berubah dan hampir menjebak sang photografer landscape Indonesia ini.

"Setiap sesi pengambilan gambar selalu ada cerita yang menarik, pernah saya hampir terjebak saat air terjun tiba-tiba meluap dalam hitungan detik. Angin kencang datang tiba-tiba bahkan kamera yang basah karena percikan air sudah pernah terjadi," ujar Bunyamin Wari dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

2 dari 4 halaman

Perhitungan

Semua tantangan yang akan dihadapi oleh seorang fotografer landscape harus diperhitungkan sebelum menuju lokasi. Selain itu, seorang photografer landscape Indonesia sebaiknya juga mengetahui dasar-dasar ilmu editing foto. Pengetahuan tentang post production penting dipahami agar hasil akhir sesuai dengan keinginan sang fotografer.

Beny juga berpendapat seorang fotografer landscape akan lebih baik jika memiliki skill melukis. Sebab teknik pengambilan gambar landscape layaknya sedang melukis di lewat lensa kamera.

"Sebagai photographer landscape jika memiliki skill melukis akan menjadi nilai plus. Memahami post processing juga sangat menentukan hasil akhir. Karena itu akan lebih baik jika memiliki pengetahuan melukis dan photo editing minimal dasar-dasarnya. Soalnya kalau mau bagus, ya harus menguasai banyak hal dan terus belajar tidak henti belajar," kata pria berusia 47 tahun ini.

 

3 dari 4 halaman

Kesenangan

Lebih lanjut, pemilik akun Instagram @benysukasuka18 ini menambahkan jika semua hal harus dilakukan berdasarkan kesenangan. Termasuk dalam memilih genre, seseorang seharusnya mengikuti kata hati dan kesukaannya, jika sudah suka di awal, maka selanjutnya harus ditekuni hingga menemukan jalannya untuk menuju kesuksesan.

"Untuk yang masih bingung mau ambil  jurusan/genre apa yang cocok. Ikuti yang kalian paling suka, dan tekuni, suatu saat kalian akan menemukan jalan terangnya," pesan Bunyamin Wari.

 

4 dari 4 halaman

Karya

Seperti diketahui sebelumnya, Bunyamin Wari merupakan seorang photografer landscape Indonesia. Beberapa karya pria kelahiran 18 Agustus 1974 ini telah mendapatkan penghargaan di berbagai negara. 

Mulai dari penghargaan International Photography Awards (IPA) tahun 2021, Nature and Landscape 2021 hingga Memorial Maria Luisa 2021 yang diadakan di Spanyol.