Sukses

Merajut Lagi Semangat Persatuan Lewat Lagu Munajat untuk Negeri Persembahan Gerakan Indonesia Serasi

Indonesia Serasi menjadikan musik sebagai medium untuk menyampaikan pesan-pesan positif agar dapat sampai kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia yang dikenal dengan semangat persatuannya beberapa tahun belakangan ini mulai terkikis perbedaan. Semboyan Bhineka Tunggal Ika seakan sudah tak lagi menggaung.

Perbedaan-perbedaan itu tak jarang menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Terlebih lagi menjelang pesta demokrasi rakyat Indonesia yaitu ketika pemilihan presiden. Tampak jelas bagaimana masyarakat kita terpecah menjadi berkubu-kubu sesuai dengan pilihan politiknya.

Atas dasar keprihatinan tersebut, terbentuklah sebuah gerakan bernama Indonesia Serasi. Gerakan berskala nasional ini bertujuan untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya, serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z. Gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun.

Indonesia Serasi menjadikan musik sebagai medium untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut agar dapat sampai kepada masyarakat. Musik yang bersifat universal, diyakini bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi, dan pendidikan apa pun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lagu Pertama

Oleh karenanya, Indonesia Serasi kemudian merilis sejumlah lagu yang akan diviralkan satu demi satu selama sekurangnya setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Pada 2 April 2022 lalu, telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai.

Kamasean yang mendapat kesempatan ini langsung menerima dengan senang hati karena ia juga memiliki satu visi yang sama dengan gerakan Indonesia Serasi.

"Aku pas ditawarin ini aku semangat sekali, kalau punya satu impian menyampaikan message ke banyak orang paling mudah diterima lewat musik. Gerakan ini penting terutama di hari sekarang di tengah masa pandemi, kita perlahan berusaha kembali ke normal butuh dukungan seksama. Gerakan ini penting bisa membantu kita kembali bangkit lagi," kata Kamasean saat menggelar konferensi pers secara virtual beberapa waktu lalu.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Dukungan Tokoh Nasional

Gerakan #IndonesiaSerasi juga didukung sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani. Kemudian ada juga dukungan dari sejumlah tokoh agama hingga artis-artis Indonesia, seperti Ustadz Das’ad Latief, Habib Husein Ja’far, Pastor Gilbert, Jessica Mila, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ahmad Dhani, Opick, Deddy Corbuzier, Pamela Bowie, Cici Faramida, Siti KDI, Daniel Mananta, Ammar Zoni, Melly Goeslaw, Giorgino Abraham, dan lain-lain.

Untuk lebih menggaungkan gerakan ini, ribuan remaja dan pemuda Indonesia juga dilibatkan dalam gerakan ini, dengan cara mengajak mereka membawakan lagu-lagu tersebut, membuat kreasi video-clipnya, lalu mengunggah di akun media sosial mereka masing-masing.

Menilik dari kanal YouTube Indonesia Serasi, bisa dilihat bagaimana animo masyarakat yang begitu tinggi dalam menyambut gerakan ini. Ratusan remaja dan pemuda Indonesia dari berbagai penjuru Nusantara ikut menyumbang karyanya.

 

4 dari 5 halaman

Munajat untuk Negeri

Yang terbaru, Indonesia Serasi juga merilis sebuah lagu baru berjudul "Munajat Untuk Negeri" yang dinyanyikan oleh Hadad Alwi. Lagu ini dipersembahkan untuk Ibu pertiwi di HUT kemerdekaan yang ke-77.

Lagu "Munajat Untuk Negeri" diawali dengan rekaman suara Bapak Proklamator, Presiden Soekarno, saat membacakan proklamasi. Lagu dengan irama senandung Al-I'tiraf ini diisi dengan lirik nasionalisme yang dibawakan dengan penuh penghayatan.

Ditambah lagi dengan video klip yang disajikan, membuat siapapun yang menyaksikannya kembali tergugah akan kecintaannya terhadap NKRI.

 

5 dari 5 halaman

Respons Masyarakat

Di kolom komentar video tersebut, banyak yang kemudian mengaku begitu tersentuh dengan karya dari Hadad Alwi ini. Mereka berharap gerakan ini bisa merajut kembali semangat persatuan di negara kita tercinta.

"MasyaAllah.. lagunya bener2 menyentuh ke hati," tulis Harbatah.

"Indonesia Serasi, semoga mendapat ridha Ilahi. Suara Haddad Alwi, sangat menyentuh hati. Lirik "Munajat untuk Negeri", membangunkan harapan yang hampir mati," timpal Telaga Auliya.

"Bagus banget...👍👍 Semoga lagu ini mampu menggugah rasa nasionalisme kita. Cinta Indonesia, tetap bersatu, dan menjaga nilai2 Bhinneka Tunggal Ika...🙇," tambah Ratnavati.

"Videonya, syairnya 👍👍👍👍👍. Adem rasanya hati melihat video dan mendengar syair. Menyadarkan untuk selalu bersyukur. Serasa oasis ditengah orang yg mengeluh dan pesimis dgn negeri ini," puji Didi Pujohadi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.