Sukses

Profil Asmara Abigail, Artis Indonesia yang Masuk Nominasi Aktris Terbaik Locarno International Film Festival 2022 Lewat Stone Turtle

Asmara Abigail menjadi salah satu nomine Aktris Terbaik dalam ajang Locarno International Film Festival 2022.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi artis peran Indonesia yang aktingnya mendapat sorotan dari ajang penghargaan skala internasional. Aktris yang naik daun berkat film Pengabdi Setan, Asmara Abigail, menjadi salah satu nomine dalam Locarno International Film Festival 2022. Hal ini diumumkan perempuan 30 tahun lewat salah satu unggahan di akun Instagram terverifikasinya, belum lama ini.

Asmara menyebut, sutradara dan aktor yang jadi lawan mainnya dalam film Stone Turtle, juga masuk nominasi. “Dengan bangga kami umumkan bahwa film terbaru Woo Ming Jin, Stone Turtle, telah lolos seleksi untuk kompetisi utama (Concorso Internazionale) di ajang Locarno International Film Festival,” tulisnya dalam bahasa Inggris.

Selain memperebutkan gelar utama, The Golden Leopard, Woo Ming Jin juga berlaga dalam kategori Sutradara Terbaik. Sementara kedua aktor utama, Bront Palarae dan bintang asal Indonesia Asmara Abigail, berkompetisi pada kategori Aktor dan Aktris Terbaik,” jelasnya.

Stone Turtle merupakan film besutan Greenlight Pictures, rumah produksi yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Film ini produksi bersama dengan rumah produksi Indonesia, Kawan Kawan Media. Film bergenre thriller dramatis ini syuting di Terengganu, Malaysia pada Januari 2022.

 

Locarno International Film Festival yang ke-75 akan digelar di Swiss pada 3-13 Agustus 2022. Ia termasuk salah satu dari lima festival film paling bergengsi di dunia. Dalam unggahan Instagram, Asmara dipastikan akan hadir dalam Locarno International Film Festival bersama Woo Ming Jin, Edmund Yeo, dan Bront Palarae. Berikut profil Asmara Abigail yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/07/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Latar

Pemilik nama Asmara Abigail Sumiskum lahir di Jakarta pada 3 April 1992. Ia memulai karier di dunia model, dengan mengikuti kompetisi yang digelar oleh beberapa majalah remaja.

Selain model, ia dikenal sebagai pemain teater. Asmara mengenyam pendidikan di Haute Future Fashion Academy Italia, jurusan pemasaran dan pencitraan untuk barang mewah.

3 dari 5 halaman

Akting

Debut akting Asmara dimulai pada 2016, lewat film bisu berjudul Setan Jawa. Namanya mulai dikenal publik, usai memerankan Darminah dalam Pengabdi Setan versi 2017.

Setelah itu, sosoknya muncul di sejumlah film. Beberapa film populer yang diperkuat Asmara adalah Ghost Writer, Gundala, Perempuan Tanah Jahanam, Mangkujiwo, hingga Yuni. Asmara juga memperkuat Pengabdi Setan 2: Communion dan Mangkujiwo 2.

4 dari 5 halaman

Penghargaan

Asmara pernah dua kali meraih nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 2020 dan 2021, namun gagal membawa pulang piala. Asmara pernah memenangkan Pemeran pendukung Wanita Terpuji ajang Festival Film Bandung 2021, untuk perannya di film Mudik.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.