Sukses

Webinar Makin Cakap Digital 2022 Digelar Kemenkominfo bagi Siswa di Purwokerto

Webinar Makin Cakap Digital 2022 diselenggarakan pada 27 Juni 2022 dengan moderator Rizki Pratama dan diikuti oleh para siswa via Zoom.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bersinergi mengadakan kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2022 bagi para siswa di Purwokerto. Tema yang diusung adalah Indonesia makin Cakap Literasi Digital.

Webinar ini diselenggarakan pada 27 Juni 2022 dengan moderator Rizki Pratama dan diikuti oleh para siswa via Zoom. Tujuan kegiatan ini supaya para siswa bisa memanfaatkan media sosial dengan lebih baik.

Selain itu, para siswa diharapkan bisa menggali serta mengembangkan potensi diri dan minat mereka, serta dapat lebih bertanggung jawab untuk mengisi media sosial dengan konten-konten yang membangun.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh We are Social Hootsuite per Februari 2022, di Indonesia, terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia.

Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya (2,1 juta atau naik 1 persen). Perlu digarisbawahi, masih ada potensi cukup besar agar seluruh penduduk Indonesia menggunakan internet sepenuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tujuan Webinar

Lalu berdasarkan Indeks Literasi Digital Indonesia 2021, tertulis bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3,49 (dari skala 1-5).

Dalam penelitian ini tercermin bahwa perilaku penggunaan internet banyak dilakukan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat, menggunakan media sosial, serta mencari informasi.

Namun, media sosial juga dianggap paling sering ditemui menyajikan berita bohong atau hoaks. Hal itu membuat Kemenkominfo mengadakan kegiatan ini.

Tujuannya agar masyarakat terutama para murid lebih cakap dalam mencari dan memanfaatkan literasi digital dengan dasar empat pilar, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

“Peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak dan tepat guna,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pengerapan.

 

3 dari 5 halaman

Hal Penting

Hal ini semakin menegaskan bahwa dalam era percepatan transformasi digital, masyarakat perlu semakin cakap dalam menggunakan teknologi digital.

Para murid menggali dan mengembangkan potensi diri lewat media sosial.Pada kesempatan ini, Devi Purnamasari, Social Media Specialist, turut menyampaikan beberapa hal penting bagi para siswa dalam bermedia sosial.

Mulai dari kebebasan yang bertanggung jawab, etika bermedia sosial, hingga tips bagi para murid agar terhindar dari hoaks yang cukup banyak di dalam media sosial.

Tentu, semua itu agar para siswa mau mengembangkan diri mereka dan menangkap peluang dalam percepatan transformasi digital ini.

 

4 dari 5 halaman

Memaksimalkan Konten Media Sosial

Begitu pula dengan Rizki Mulyantara, Direktur Utama PT Solusi Tiket Digital yang mengangkat media sosial sebagai sarana peningkatan pengetahuan.

Dalam sesi ini, dibagikan cara kepada para siswa bagaimana agar mereka dapat memaksimalkan konten di media sosial yang mereka miliki.

Termasuk dibagikan pula kunci agar konten media sosial para siswa disukai dan memiliki banyak komentar. Kuncinya, tidak lain adalah dengan membuat postingan yang positif atau inspiratif.

Senada dengan kedua pembicara lainnya, Pengelola Sistem Informasi Basis Data, Iqbaal Harits Maulana turut berbagi mengenai cara agar para siswa dapat memaksimalkan media sosial untuk menggali potensi diri mereka.

“Dengan dunia digital yang terus berubah, cara terbaik untuk beradaptasi dengan cepat perkembangan dunia saat ini adalah upgrading skill. Mengenali potensi diri sendiri lalu memanfaatkan media sosial sebagai pengembangan diri adalah langkah tepat bagi para siswa,” kata Iqbaal Harits Maulana.

 

5 dari 5 halaman

Memilih yang Tepat

Selanjutnya, katanya, dengan memilih media sosial yang tepat, para murid dapat berkembang dengan lebih maksimal

Dalam Webinar Makin Cakap Digital 2022, harapannya, para murid menjadi terbuka bahwa perubahan itu ada dan nyata.

Para siswa perlu memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menggali potensi diri. Selanjutnya, dapat mengisi ruang digital yang ada dengan konten membangun dan memberikan hal positif didalamnya.

Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi selalu terus mengedukasi masyarakat lewat program Indonesia Makin Cakap Digital melalui berbagai kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Guna mengetahui dan terlibat dalam kegiatan, masyarakat dapat mengakses info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi (Instagram, TikTok, Twitter, YouTube & Facebook).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.