Sukses

Rima Melati dan Frans Tumbuan Sama-Sama Meninggal Tanggal 23, Sejak Bayi Sudah Ada Tanda-Tanda Berjodoh

Liputan6.com, Jakarta Kisah cinta yang manis antara Rima Melati dan Frans Tumbuan yang sama-sama telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta, masih terngiang-ngiang di telinga masyarakat. Pasalnya, pasangan ini semasa hidupnya hampir tidak pernah diterpa gosip dan selalu harmonis.

Bahkan, pasangan artis senior papan atas satu ini sama-sama meninggal dunia pada tanggal 23. Frans Tumbuang berpulang terlebih dahulu pada 23 Maret 2015 silam. Sementara Rima Melati baru saja berpulang pada Kamis, 23 Juni 2022 sore kemarin.

Menariknya, ada satu kisah yang tampaknya bisa dikait-kaitkan dengan tanggal mereka meninggal dunia. Kisah itu terjadi saat mendiang Frans Tumbuan dan mendiang Rima Melati sama-sama masih bayi. Orangtua mereka yang bertemu di atas kapal, rupanya sempat menjodohkan keduanya.

Kisah ini sempat dibeberkan oleh anak kelima Frans dan Rima, Keke Tumbuan, kepada wartawan pada 24 Maret 2015, sehari setelah sang ayah meninggal dunia. Dari cerita Keke tentang orangtuanya, bisa ditafsirkan pertemuan itu menjadi tanda-tanda Frans dan Rima akan berjodoh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bertemu di Kapal

"Jadi mereka dengan orangtua masing-masing bertemu di kapal. Mereka ada di kereta bayi masing-masing, setelah bertemu mereka foto. Di fotonya juga kelihatan mama (Rima Melati) yang lebih (bergaya) di kamera," kata Keke Tumbuan, kepada wartawan, di rumah duka RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, pada 24 Maret 2015 silam.

"Sebenarnya sih bukan dijodohkan dalam tanda kutip. Jadi orangtua mereka bercanda. Katanya, 'Kayaknya cocok nih berdua (Frans dan Rima), semoga berjodoh, ya'," ujar Keke menceritakan.

 

3 dari 4 halaman

Pernikahan Dua Insan

Rupanya, doa orangtua Rima Melati dan Frans Tumbuan terkabul. Pada 3 Desember 1973, keduanya mengikat janji suci untuk menikah. Pada awal pendekatan, Frans sempat menyatakan cinta kepada Rima Melati yang sedang berada di Inggris dengan cara nekad menerobos imigrasi bandara.

Hingga akhir hayat, Frans Tumbuan dan Rima Melati memiliki lima orang anak. Rupanya Semua kenangan itu sudah tersimpan secara rapi dalam sebuah album foto di rumah Frans Tumbuan.

"Semua fotonya masih ada. Tersimpan. Ayo nanti dicari," terang Keke saat itu.

 

4 dari 4 halaman

Meninggalnya Rima Melati

Aktris senior Rima Melati mengembuskan napas terakhirnya di usia 84 tahun, Kamis (23/6/2022) sekitar pukul 15.14 WIB. Sebelum meninggal dunia, Rima Melati menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat akibat Dekubitus.

Saat ini, jenazah pemilik nama asli Marjolien Tambajong disemayamkan di Rumah Duka RSPAD ruang Kamboja. Rencananya, jenazah Rima Melati akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Minggu, 26 Juni 2022.

Sebelum dimakamkan, akan ada prosesi ibadah yang akan digelar di rumah duka sebelum pemakaman, menunggu anggota keluarga yang saat ini masih berada di luar negeri.

"Pemakamannya masih menunggu keluarga dari Jerman mencari tiket untuk pulang, karena dimakamkannya Minggu di Tanah Kusir, untuk jamnya, ntar mohon bersabar," ujar Aditya Tumbuan anak Rima Melati kepada wartawan di Rumah Duka RSPAD ruang Kamboja, Kamis (23/6/2022) malam, mengutip kanal YouTube Intens Investigasi.