Sukses

Sebelum Meninggal, Dunia Rima Melati Pernah Berjuang Melawan Kanker Payudara

Liputan6.com, Jakarta Duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Salah satu aktris seniornya, Rima Melati meninggal dunia, Kamis (23/6/2022). Wanita 83 tahun itu meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat.

Kabar meninggalnya Rima Melati disampaikan oleh menantunya, Marisa Tumbuan melalui pesan singkat dan juga diunggah melalui akun Instagramnya.

"Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu RIMA MELATI, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat," begitu isi pesannya.

Sebelum meninggal dunia, Rima Melati pernah didiagnosa menderita kanker payudar di akhir 1989. Selama puluhan tahun ia menjadi menjadi survivor kanker dan berusaha untuk hidup sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.</p

2 dari 4 halaman

Makan Buah dan Sayur

Selama menjadi survivor kanker, Rima Melati mengaku lebih sehat dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah.

"Saya perbanyak makan sayuran, buah, dan tidak makan daging. Jangan lupa juga olahraga, itu penting lho supaya tubuh kita tetap bugar, apalagi seperti saya ini," kata Rima yang ditemui saat acara Talkshow `Save Your Breasts Save Your Life` di Grand Indonesia, Jakarta, dan ditulis Sabtu (19/10/2013).

3 dari 4 halaman

Pola Hidup Sehat

Menurutnya, menjaga kesehatan dengan merubah pola hidup sehat itu sangat penting. Apalagi saat ini ada banyak makanan di luar sana yang instan.

"Semua orang bisa kena kanker payudara. Maka itu deteksi dini sangat diperlukan. Saya sendiri ketika itu divonis menderita kanker payudara sudah stadium 3 hampir 4," tutur istri dari aktor Frans Tumbuan ini.

4 dari 4 halaman

Periksa Kesehatan

Rutin memeriksakan kesehatan juga sangat dianjurkan Rima Melati. Bila ada tanda-tanda benjolan dirubuh, langsung segera diobati agar bisa ditangani dengan cepat.

"Apakah ada benjolan atau tidak. Karena sedikit saja benjolan di payudara, mungkin masih bisa diatasi dengan cepat. Segera ke dokter jika ada benjolan, nyeri atau keanehan lainnya," tambahnya.