Sukses

Sarwendah Idap Sakit Langka di Batang Otak, Ini Risiko Jika Operasinya Tak Berhasil

Liputan6.com, Jakarta - Ruben Onsu membuat pengakuan mengejutkan kepada publik. Dia menyebut bahwa sang istri, Sarwendah mengidap penyakit langka di batang otaknya.

Hal ini tentu saja membuat Ruben Onsu dan Sarwendah diliputi perasaan cemas. Sayangnya, presenter terkenal itu tak mengungkap detail sakit langka apa yang diidap sang istri.

"Dalam proses MRI dan beberapa proses yang lainnya, Sarwendah terkena salah satu penyakit langka, jadi ada penyakit di batang otaknya," tutur ayah Betrand Peto di acara Brownis, Kamis (16/6/2022).

Salah satu cara untuk menyembuhkan sakit Sarwendah adalah melalui prosedur operasi. Namun, ada risiko yang harus diterima bila sesuatu yang tak diinginkan terjadi.

"Kalau seandainya di batang otak itu juga Sarwendah misalnya dioperasi dan tidak berhasil, itu berbahaya untuk penglihatannya, berbahaya untuk komunikasinya sudah tidak senormal dulu," ungkap Ruben.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harus Tenang

Sebelum tindakan dilakukan, kondisi psikologis Sarwendah harus stabil untuk meminimalisir risiko terburuk.

"Jadi kita sudah dikasih tahu akibatnya. Dan untuk melakukan tindakan saat ini, jika Sarwendah nya tidak stabil, atau tidak tenang mungkin akan berbahaya," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Ruben juga Sakit

Sebelumnya, Ruben Onsu juga sempat jatuh sakit sampai dilarikan ke ICU. Tentu ini merupakan ujian berat bagi Ruben dan sang istri.

Mereka pun harus memutuskan siapa yang akan menjalani tindakan medis terlebih dahulu. Apakah dirinya atau sang istri.

4 dari 4 halaman

Jalan Tengah

"Saya bilang sama dia yang mau tindakan saya dulu atau kamu dulu. Jadi saya meminta dia untuk fokus ke dia dulu karena anak-anak lebih perlu dia," tuturnya.

Mengingat tindakan Sarwendah juga berisiko, keduanya belum memutuskan. "Jadi makanya saya sama istri saya belum menemukan jalan tengah," tutupnya.