Sukses

Kamasean Rilis Lagu Indonesia Serasi, Diadaptasi dari Lagu Ampar Ampar Pisang dan Paris Barantai

Pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul sama yaitu "Indonesia Serasi" yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A.

Liputan6.com, Jakarta Kamasean Matthews, penyanyi yang melambung namanya sejak menjadi runner up Indonesian Idol 2012, turut terlibat dalam gerakan Indonesia Serasi. Gerakan yang diprakarsai oleh Hadad Alwi itu memiliki tujuan untuk mnanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima perbedaan budaya, agama, bicara dan bahasa serta cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z Indonesia.

Sebagai pembuka, pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul sama yaitu "Indonesia Serasi" yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai.

Kamasean yang mendapat kesempatan ini langsung menerima dengan senang hati karena ia juga memiliki satu visi yang sama dengan gerakan Indonesia Serasai.

"Aku pas ditawarin ini aku semangat sekali, kalau punya satu impian menyampaikan message ke banyak orang paling mudah diterima lewat musik. Gerakan ini penting terutama di hari sekarang di tengah masa pandemi, kita perlahan berusaha kembali ke normal butuh dukungan seksama. Gerakan ini penting bisa membantu kita kembali bangkit lagi," kata Kamasean saat menggelar konferensi pers secara virtual pada Kamis (9/6/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Pribadi

Terlebih lagi soal perbedaan dan diskriminasi, Kamasean dan Abraham Kevin punya pengalaman pribadi yang kurang menyenangkan. Keduanya pernah merasakan dampak bagaimana dikucilkan bahkan di-bully hanya karena memiliki penampilan yang berbeda dari kebanyakan.

"Pengalaman-pengalaman itu menyemangati aku, mendorong aku bisa ikut dalam project Indonesia Serasi ini. Ya sekaligus aku menyampaikan pesan ke orang, aku berbeda tapi tidak menghentikan aku mengejar mimpi aku sampai ada di hari ini," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Mulai Gerakan yang Besar

Kamasean berharap dari gerakan ini bisa menghasilkan sesuatu yang berdampak besar bagi bangsa Indonesia. Sesuai dengan tujuan awalnya yaitu untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima perbedaan budaya, agama, bicara dan bahasa serta cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z Indonesia.

"Kita mulai dari suatu yang kecil, untuk memulai gerakan yang besar. Melalui karya ini, semoga mampu ditangkap sebagai gerakan supaya generasi saat ini lebih mencintai Indonesia. Pelangi itu, indah karena beragam. Sama seperti bangsa ini. Kalau hanya satu warna, itu cuma seragam," kata Kamasean lagi.

 

4 dari 4 halaman

Harapan

Terakhir, Kamasean ingin lagu ini tak hanya sekadar menjadi nyanyian, tetapi juga masyarakat bisa menangkap esensi dari pesan yang ingin disampaikan.

"Ini cerdas sih mengambil nada dari lagu daerah terus dijadikam nada dasar untuk lagu Indonesia Serasi ini. Tantangannya bisa menyampaikan pesan yang sangat kuat ini lewat lagu ini. Ada satu gerakan yang kita mulai gak sekedar nyanyiin lagu ini. Aku mengerjakannya pakai hati, aku yakin tuhan akan bekerja menyentuh hati banyak orang," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.