Sukses

KKN di Desa Penari Jadi Film Terlaris Ke-2 di Indonesia Dalam Sejarah, Hanya Kalah dari Avangers: Endgame

Liputan6.com, Jakarta Kamis (2/6/2022), MD Pictures mengabarkan lewat akun Instagram terverifikasinnya bahwa KKN di Desa Penari telah melewati 8.888.888 penonton. Angka ini didapat dari peredaran di bioskop sejak 30 April 2022.

Dengan melewati 8,8 juta penonton, film KKN di Desa Penari resmi menggulingkan Spider-Man: No Way Home dari posisi runner-up daftar film dengan jumlah penonton terbanyak (baik lokal maupun impor) sepanjang sejarah di Indonesia.

Melansir data akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice pada hari yang sama, jumlah penonton Sang Manusia Laba-laba “cuma” 8,79 jutaan. Kini, KKN di Desa Penari membayangi Avengers: Endgame.

Produk unggulan Marvel Studios yang dirilis pada 2019 ini menyerap lebih dari 11,24 juta penonton dan hingga kini jadi film yang paling banyak ditonton di Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jelang 9 Juta

Mengingat jumlah layar yang menayangkan KKN di Desa Penari masih banyak, angka 9 juta penonton bukan mustahil. MD Pictures mulai menggelar sejumlah kegiatan untuk menuang rasa syukur atas pencapaian ini.

Sabtu (28/5/2022), MD Pictures dan Yayasan Matahatiku Berdaya Mandiri menggelar nonton bareng KKN di Desa Penari bersama kelompok disabilitas. Keesokan harinya, film karya Awi Suryadi ini pulang kampung.

 

3 dari 4 halaman

KKN Pulang Kampung

“Minggu, 29 Mei 2002, MD Pictures menggelar nonton bareng penduduk desa Ngluweng, Ngleri, Playen – Gunung Kidul, yang merupakan warga desa lokasi syuting KKN Di Desa Penari,” ujar pihak MD Pictures lewat pernyataan tertulis yang kami terima pekan ini.

Sekitar 150 penduduk desa antusias menyaksikan desa mereka di layar lebar. Diberitakan sebelumnya, Awi Suryadi menyebut pencapaian 8 juta penonton sangat penting bagi industri film Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Angka Favorit

“Angka 8 adalah angka favorit saya. Pencapaian ini jelas sangat membanggakan. Di tengah pandemi Covid-19, Film nasional menjadi tuan rumah di negara sendiri,” kata Awi Suryadi.

Meski jumlah penonton harian tak setinggi dua minggu sebelumnya, namun pekan depan, KKN di Desa Penari diharapkan tembus 9 juta penonton. “Kemungkinannya ada walau tidak besar,” pungkasnya.