Sukses

6 Sketsa Makhluk Halus Karya Sara Wijayanto, Nomor 4 Sosok Kuntilanak Bernama Suti

Di akun Instagram terverifikasinya, Sara Wijayanto berbagi sejumlah sketsa orang yang telah meninggal disertai keterangan khusus. Berikut 6 di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjadi bintang tamu program komedi di salah satu televisi swasta belum lama ini, Sara Wijayanto ditanya soal sejumlah sketsa makhluk halus yang dilukis di atas kertas putih lalu diunggah di akun Instagram terverifikasinya.

Nyonya Demian Aditya menyebut, kadang ia digerakkan untuk melukis wajah tak kasat mata yang dilihatnya. Salah satunya kuntilanak bernama Suti. Tak hanya dilukis, sosok ini dibuatkan lagu.

Sketsa sejumlah makhluk halus ini memiliki penampakan dan kisah beragam. Dari laki-laki menggunakan belangkon hingga perempuan dengan rambut disanggul yang wajahnya lebih dewasa.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini merangkum 6 sketsa makhluk halus karya Sara Wijayanto yang ramai dikomentasi warganet +62. Menurut Anda, mana yang paling bikin deg-degan?

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lost Soul

 

Kurang jelas apakah sosok yang dilukis Sara Wijayanto lalu diunggah pada 14 Februari 2022 ini laki-laki atau perempuan. Yang jelas, bintang film Kuntilanak 3 membubuhkan status teks terbalik yakni, “t s o l l u o s (lost soul atau roh yang tersesat -red).”

Sejumlah netizen menyebut ada hal tak biasa dalam matanya. “Matanya gerak + kedip sekilas,” cuit @wasr**** di kolom komentar. “Fokus ke matanya lama lama kek Natap beneran loh,” @exe**** menyahut.

 

3 dari 7 halaman

2. Pria dengan Tutup Kepala

Niatnya latihan menggambar wajah perempuan. Tiga kali mencoba, Sara Wijayanto gagal. Ia lantas bertanya kepada diri sendiri, “Aku di suruh gambar siapa, sih?” Sara Wijayanto lalu membuka halaman baru dan lahirlah sketsa yang diunggah pada 9 Februari 2022 ini.

Tangan saya terus bergerak seolah tidak mau berhenti. Sewaktu jadi, saya lihat kok wajahnya tidak asing. ‘Hallo mbah,’ sapa saya,” tulis Sara Wijayanto. “Ada permintaan sedikit tentang tutup kepalanya.. saya coba perbaiki lagi, akhirnya sampai pagi jadilah gambar ini,” imbuhnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Beliau Hanya Tersenyum

Januari 2022, Sara Wijayanto bingung mau melukis wajah siapa. Akhirnya ia membiarkan tangannya menari di atas kertas. “Tiba tiba beliau muncul. Adem.. tenang rasanya hati ini. Saya mengucap salam, beliau hanya tersenyum,” ujar presenter Nelusur.

Sara Wijayanto lantas minta izin kepada yang bersangkutan untuk terus menggambar. “Jujur saya gak berani tanya nama. Rasanya kayak gak sopan hihihi. Beneran kikuk lho.. tapi puji syukur akhirnya jadi juga gambarnya. Matur nuwun,” ia menyambung.

 

5 dari 7 halaman

4. Kuntilanak Suti

Buat yang pernah membaca buku Risara mungkin tidak asing lagi dengan sosok kuntilanak bernama Suti. Sara Wijayanto lantas mengenalkan kembali sang kuntilanak.

Suti salah satu sosok yg melekat di hati saya. Sampai saya menuliskan lagu untuknya. Lagunya Suti yg di rilis di tahun 2015,” beri tahu Sara Wijayanto seraya mengunggah sketsa wajah Suti pada 3 Januari 2022.

 

6 dari 7 halaman

5. Diduga Penjaga Sara

Tak biasanya, Sara Wijayanto melukis wajah namun tak menjelaskan sama sekali muka siapa yang tampak di atas kertas putih. “Latihan. #SWspiritdrawing,” cetusnya pada 24 Januari 2022.

Seperti pendiri mataram, panembahan senopati,” akun @merah**** menduga. “Leluhur sprti sunan atau wali Songo,” @lady**** menyahut. “Kayaknya ini sosok mbak yg jagain kak sarah deh. Bener gak sih,” @adrian**** menimpali.

 

7 dari 7 halaman

6. Ibu Sambung Dayu

Salah satu episode program Diary Misteri Sara menceritakan satu sosok dari lima bersaudara yang tidak ditemukan namanya. Sara Wijayanto mencoba mengingat dan menggambar wajah adik perempuan tanpa nama ini. Namun hasil akhirnya justru wajah yang lebih dewasa.

Waktu selesai, saya baru sadar. Ini bukan wajah adik tanpa nama, tapi wajah sosok Ibu sambung Dayu. Dalang dari semua kisah pilu mereka. Kirim doa untuk adik tanpa nama, maaf saya tidak berhasil menggambar wajahmu,” Sara mencuap pada 23 Januari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.