Sukses

Kondisi Tukul Arwana Berangsur Membaik, Dapat Pengawalan dan Dipantau Dokter Terawan

Tukul Arwana sempat mengalami pendarahan pada otaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) pada September 2021. Kala itu, komedian yang juga presenter itu mengalami pendarahan pada otak.

Delapan bulan berlalu, Rizky Kimon selaku manager sekaligus perwakilan keluarga mengabarkan bila kondisi Tukul semakin membaik. Kini pria tersebut bisa memahami sesuatu dan memberikan respons.

"Kondisi Mas Tukul sampai hari ini memberikan progres yang baik pastinya. Gerakan semakin banyak, dan pemahaman lebih baik dari sebelumnya. Biasanya kalau ketemu orang masih bingung siapa, sekarang udah fokus," tutur Kimon ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tiga Terapi

Selama beberapa bulan ini, Tukul Arwana secara rutin menjalani tiga terapi agar bisa kembali seperti sedia kala. Salah satunya adalah terapi wicara supaya bisa berbicara.

"Terapinya masih sama ada okupasi, ada fisioterapi, ada terapi wicara dan dibantu penyembuhan dari klinik. Untuk tiga terapi itu dilakukan secara bergantian misal hari ini okupasi sama fisioterapi, besok fisioterapi sama terapi wicara. Untuk terapi wicara belajar A, I, U, E, O, cuma A sama O beliau sudah bisa, pelan-pelan emang," lanjut Kimon.

 

3 dari 5 halaman

Kawal Sampai Normal

Tiga terapi itu akan dilakukan sampai Tukul Arwana bisa kembali seperti sebelumnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan pihak keluarga mencoba sabar dan berserah.

"Prosesnya akan dilakukan sampai Mas Tukul pulih ya. Kalau untuk sampai kapan, saya dan pihak keluarga juga belum berani memastikan sampai kapan. Yang pasti kami kawal terus sampai Mas Tukul sembuh," tegas Kimon.

 

4 dari 5 halaman

Dipantau Dokter Terawan

Selama sakit, rupanya kondisi Tukul Arwana dipantau langsung oleh Dokter Terawan. Dokter itu pun menyarankan agar Tukul mendapatkan vaksin nusantara.

"Kebetulan kan Mas Tukul ini dipantau sama Dokter Terawan, jadi kemarin Dokter Terawan memberi masukan untuk diberi vaksin Nusantara. Sampai saat ini nggak ada efek samping. Semoga nggak ada efek yang gimana-gimana. Yang pasti saat ini Mas Tukul sehat," ucap Kimon.

 

5 dari 5 halaman

Kangen

Rasa rindu Tukul Arwana di dunia entertainment tidak disampaikan secara langsung kepada Rizky Kimon. Hanya saja, jika Tukul tengah menonton tayangan televisi maupun YouTube, Rizky Kimon sempat menanyakan rasa kangen kegiatan syuting kepada presenter 58 tahun itu.

"Menyampaikan sih enggak. Cuma terlihat dari, kadang saya kan nonton YouTube bareng sama beliau. Saya sendiri yang ngomong, pake bahasa jawab. 'piye Mas, kangen tho, mari' gimana mas, kangen kan? Ayo sembuh, kita syuting lagi, job lagi. Itu sih yg dia kangenin. (Respon) Dia pakai isyarat (nunjukin jempol)," kata Rizky Kimon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.